Wednesday, June 26, 2024

Indikator Brand Image

 


Menurut Kotler dan Keller (2017) bahwa dalam brand image terdiri atas tiga
indikator yang meliputi sebagai berikut :

  1. Attributes (Atribut), merupakan pendefisian deskriptif tentang fitur-fitur yang
    ada dalam sebuah produk. Terdapat dua macam atribut yaitu,
    a) Product related attributes (atribut produk), didefinisikan sebagai bahan-
    bahan yang diperlukan agar fungsi produk yang dicari konsumen dapat
    bekerja. Berhubungan dengan komposisi fisik atau persyaratan dari suatu
    jasa yang ditawarkan dapat berfungsi.
    b) Non-product related attributes (atribut non-produk), merupakan aspek
    eksternal dari suatu produk yang berhubungan dengan pembelian dan
    konsumsi suatu produk. Terdiri dari informasi tentang herga, kemasan dan
    desain produk, orang, per group atau selebriti yang menggunakan produk
    tersebut, bagaimana dan dimana produk tersebut digunakan.
  2. Benefits (Keuntungan), nilai personal yang dikaitkan oleh konsumen pada
    atribut-atribut sebuah produk, ada tiga jenis benefits :
    a) Functional benefits : berhubungan dengan pemenuhan kebutuhan dasar
    seperti kebutuhan fisik atau pemecahan masalah yang dibutuhkan oleh
    konsumen.
    b) Experiental benefits: berhubungan dengan perasaan yang muncul dengan
    menggunakan suatu produk. Benefit ini memuaskan kebutuhan
    bereksperimen seperti kepuasan sensori atau bisa disebut juga produk
    dapat diterima oleh konsumen bisa dari aspek gizi ataupun fungsional
    produk.
    c) Symbolic benefits : berhubungan dengan kebutuhan akan persetujuan
    sosial atau ekspresi personal dan self-esteem (harga diri) seseorang.
    Konsumen akan menghargai nilai-nilai prestise, eksklusivitas dari sebuah
    merek karena hal-hal ini berhubungan dengan konsep diri mereka.
  3. Brand Attitude (Sikap Merek), didefinisikan sebagai evaluasi keseluruhan atas
    satu merek, apa yang dipercayai oleh konsumen mengenai merek-merek
    tertentu sejauh apa konsumen percaya bahwa produk tersebut memiliki atribut
    atau keuntungan tertentu, dan penilaian evaluatif terhadap kepercayaan tersebut
    bagaimana baik atau buruknya suatu produk jika memiliki atribut atau
    keuntungan tersebut.

No comments:

Post a Comment