Monday, June 24, 2024

Indikator Brand Loyalty

 


Rangkuti (2009) menjelaskan bahwa loyalitas merek dapat diukur melalui
beberapa hal, antaralain:

  1. Behaviour Measures
    Suatu cara langsung menentukan loyalitas terutama untuk habitual behaviour
    (perilaku kebiasaan) adalah dengan memperhitungkan pola pembelian actual.
  2. Measuring Switch Cost
    Pengukuran pada vaariabel ini dapat mengidentifikasikan keputusan
    pembelian dalam suatu merek. Pada umumnya jika biaya untuk mengganti
    merek sangat mahal, pelanggan akan enggan berganti merek sehingga laju
    penyusutan kelompok pelanggan dari waktu ke waktu akan rendah.
  3. Measuring Satisfaction
    Pengukuran terhadap kepuasan atau ketidakpuasan pelanggan suatu merek
    merupakan indikator paling penting dalam loyalitas merek. Bila
    ketidakpuasan pelanggan terhdap merek rendah, maka pada umumnya tidak
    cukup alasan bagi pelanggan untuk berpindah ke merek lain kecuali ada faktor
    penarik yang cukup kuat.
  4. Measuring liking brand
    Kesukaan terhadap merek, kepercayaan, perasaan hormat atau bersahabat
    dengan suatu merek membangkitkan kehangatan dan kedekatan dalam
    perasaan pelanggan.
  5. Measuring commitment
    Salah satu indikator kunci adalah jumlah interaksi dan komitmen pelanggan
    terkait dengan produk tersebut.”

No comments:

Post a Comment