Rangkuti (2009) menjelaskan bahwa loyalitas merek dapat diukur melalui
beberapa hal, antaralain:
- Behaviour Measures
Suatu cara langsung menentukan loyalitas terutama untuk habitual behaviour
(perilaku kebiasaan) adalah dengan memperhitungkan pola pembelian actual. - Measuring Switch Cost
Pengukuran pada vaariabel ini dapat mengidentifikasikan keputusan
pembelian dalam suatu merek. Pada umumnya jika biaya untuk mengganti
merek sangat mahal, pelanggan akan enggan berganti merek sehingga laju
penyusutan kelompok pelanggan dari waktu ke waktu akan rendah. - Measuring Satisfaction
Pengukuran terhadap kepuasan atau ketidakpuasan pelanggan suatu merek
merupakan indikator paling penting dalam loyalitas merek. Bila
ketidakpuasan pelanggan terhdap merek rendah, maka pada umumnya tidak
cukup alasan bagi pelanggan untuk berpindah ke merek lain kecuali ada faktor
penarik yang cukup kuat. - Measuring liking brand
Kesukaan terhadap merek, kepercayaan, perasaan hormat atau bersahabat
dengan suatu merek membangkitkan kehangatan dan kedekatan dalam
perasaan pelanggan. - Measuring commitment
Salah satu indikator kunci adalah jumlah interaksi dan komitmen pelanggan
terkait dengan produk tersebut.”
No comments:
Post a Comment