Tuesday, June 18, 2024

Indikator Celebrity Endorsement

 


Menurut Percy dan Rossiter dalam Dewa, (2018) mengemukakan bahwa
Celebrity Endorsement memiliki indikator yang dapat diukur melalui VisCAP
model (visibility, credibility, attraction, power).
A. Visibility
Melalui segi ini, seorang selebriti yang mewakili suatu produk merupakan
seseorang yang mempunyai keahlian buat dicermati oleh orang banyak
ataupun publik. Umumnya selebriti yang diseleksi merupakan orang yang
lagi populer serta mempunyai pengaruh luas digolongan suatu masyarakat
atau kelompok, sehingga mereka bisa tertarik terhadap merek yang
diiklankan.
B. Credibility.
Melalui segi kredibilitas, ialah anggapan warga terhadap kelebihan-
kelebihan dari selebriti endorser, sehingga diterima serta diiringi oleh
warga. Ada 2 aspek yang membentuk kredibilitas seseorang, ialah

  1. Kemampuan.
    Kemampuan membuktikan bahwa seberapa luas pengetahuan ataupun
    keahlian yang dipunyai oleh seorang endorser. Seseorang yang mampu
    membuktikan bahwa ia memiliki nilai yang unggul pada keahlian yang
    ia miliki.
  2. Keyakinan.
    Dengan keyakinan yang dimiliki seorang endorser, ia dapat
    menampilkan seberapa jujurkah endorser dalam mengantarkan suatu
    iklan serta bagaimana meyakinkan pandangan masyarakat terhadap
    iklan yang ia bawakan agar dapat diterima.
    C. Attraction
    Dari segi attraction¸ada 2 karakteristik yang dimiliki yaitu
  3. Kepesonaan.
    Kepesonaan ialah dari sisi penampilan raga serta karakter, sehingga
    lewat energi positif dan daya tarik dari seorang endorser bisa
    membawa dampak yang positif pula terhadap merek yang ia
    tampilkan.
  4. Kesamaan.
    Kesamaan ialah kesamaan cerminan emosional endorser dalam iklan,
    sehingga menolong khalayak tertarik pada komunikator yaitu endorser.
    Tujuan adanya kesamaan cerminan emosional supaya dapat
    membantu dalam mengefektifkan komunikasi dalam beriklan.
    D. Power
    Power ialah besarnya pengaruh yang dipunyai oleh seorang
    endorser terhadap suatu masyarakat atau kelompok. Semakin terus
    menjadi besar pengaruhnya, maka dapat terus menjadikan masyarakat
    tersebut mempercayai produk yang dibawanya

No comments:

Post a Comment