Wednesday, June 19, 2024

Indikator Celebrity Endorser

 


Faktor yang harus diperhatikan dalam pemilihan celebrity sebagai
Celebrity Endorser meliputi reputasi, popularitas dan sikan Celebrity Endorser.
Indikator Celebrity Endorser menurut Kotler (2009) terdiri dari lima atribut
yaitu TEARS:

  1. Trustworthiness (Dapat Dipercaya)
    Kemampuan celebrity endorser dalam mempromosikan suatu produk
    dengan kepercayaan diri, integritas dan persepsi penerima terhadap
    penyampaian celebrity endorser.
  2. Expertise (Keahlian)
    Pengetahuan, keahlian dan pengalaman yang dimiliki endorser
    mengenai produk yang akan didukung.
  3. Phisycal Attactiveness (Daya Tarik Fisik)
    Daya tarik yang dimiliki endorser dalam meyakinkan audiens untuk
    menentukan keputusan pembelian.
  4. Respect (Kualitas Dihargai)
    Endorser mampu mewakili dari suatu produk yang didukungnya,
    sehingga akan cenderung mempengaruhi minat konsumen terhadap suatu
    produk.
  5. Similarity (Kesamaan dengan Audience yang dituju)
    Kesamaan antar endorser dan audience dalam hal umur, jenis kelamin,
    etnis, status sosial dan sebagainya.
    Indikator-indikator Celebrity Endorser yang dikemukakan oleh Percy
    dan Rossiter (1987) yaitu VisCAP model (visibility, credibility, attraction,
    power). Keempat indikator tersebut dapat dijelaskan sebagai berikut:
  6. Visibility, yaitu selebriti yang mewakili sebuah produk adalah yang
    mempunyai kemampuan untuk diperhatikan oleh orang banyak,
    terkenal dan memiliki pengaruh yang luas dikalangan masyarakat,
    sehingga masyarakat dapat tertarik terhadap merek yang diiklankan.
  7. Kredibilitas, yaitu persepsi masyarakat terhadap kelebihan-
    kelebihan dari selebriti endorser, sehingga diterima dan diikuti oleh
    masyarakat. Terdapat dua faktor yang membentuk kredibilitas
    seseorang, yaitu keahlian dan kepercayaan. Keahlian menunjukan
    seberapa luas pengetahuan dan kemampuan yang dimiliki oleh
    endorser dalam menyampaikan pesan yang terdapat dalam produk,
    sedangkan kepercayaan menunjukkan seberapa jujur endorser
    dalam membawakan sebuah iklan tersebut.
  8. Attraction terdiri dari dua karakteristik, yaitu kepesonaan (likability)
    dan kesamaan (similiarity). Kepesonaan (likability) merupakan
    daya tarik penampilan fisik dan kepribadian dari endorser yang
    dapat membawa dampak positif terhadap merek yang diwakilinya.
    Sedangkan kesamaan (similiarity) merupakan kesamaan gambaran
    emosional endorser dalam iklan, sehingga membantu khalayak
    tertarik pada endorser.
  9. Power yaitu kemampuan selebriti dalam menarik konsumen unruk
    membeli. Besarnya pengaruh yang dimiliki oleh endorser dalam
    menarik konsumen, semakin masyarakat mempercayai produk yang
    dibawanya.
    Indikator celebrity endorser menurut Shimp (2003:459) sebagai
    berikut:
    a. Kejujuran dalam menyampaikan pesan
    b. Pengetahuan dan keahlian celebrity endorser terhadap merek
    c. Daya Tarik
    d. Kualitas endorser yang dapat dikagumi

No comments:

Post a Comment