Faktor yang harus diperhatikan dalam pemilihan celebrity sebagai
Celebrity Endorser meliputi reputasi, popularitas dan sikan Celebrity Endorser.
Indikator Celebrity Endorser menurut Kotler (2009) terdiri dari lima atribut
yaitu TEARS:
- Trustworthiness (Dapat Dipercaya)
Kemampuan celebrity endorser dalam mempromosikan suatu produk
dengan kepercayaan diri, integritas dan persepsi penerima terhadap
penyampaian celebrity endorser. - Expertise (Keahlian)
Pengetahuan, keahlian dan pengalaman yang dimiliki endorser
mengenai produk yang akan didukung. - Phisycal Attactiveness (Daya Tarik Fisik)
Daya tarik yang dimiliki endorser dalam meyakinkan audiens untuk
menentukan keputusan pembelian. - Respect (Kualitas Dihargai)
Endorser mampu mewakili dari suatu produk yang didukungnya,
sehingga akan cenderung mempengaruhi minat konsumen terhadap suatu
produk. - Similarity (Kesamaan dengan Audience yang dituju)
Kesamaan antar endorser dan audience dalam hal umur, jenis kelamin,
etnis, status sosial dan sebagainya.
Indikator-indikator Celebrity Endorser yang dikemukakan oleh Percy
dan Rossiter (1987) yaitu VisCAP model (visibility, credibility, attraction,
power). Keempat indikator tersebut dapat dijelaskan sebagai berikut: - Visibility, yaitu selebriti yang mewakili sebuah produk adalah yang
mempunyai kemampuan untuk diperhatikan oleh orang banyak,
terkenal dan memiliki pengaruh yang luas dikalangan masyarakat,
sehingga masyarakat dapat tertarik terhadap merek yang diiklankan. - Kredibilitas, yaitu persepsi masyarakat terhadap kelebihan-
kelebihan dari selebriti endorser, sehingga diterima dan diikuti oleh
masyarakat. Terdapat dua faktor yang membentuk kredibilitas
seseorang, yaitu keahlian dan kepercayaan. Keahlian menunjukan
seberapa luas pengetahuan dan kemampuan yang dimiliki oleh
endorser dalam menyampaikan pesan yang terdapat dalam produk,
sedangkan kepercayaan menunjukkan seberapa jujur endorser
dalam membawakan sebuah iklan tersebut. - Attraction terdiri dari dua karakteristik, yaitu kepesonaan (likability)
dan kesamaan (similiarity). Kepesonaan (likability) merupakan
daya tarik penampilan fisik dan kepribadian dari endorser yang
dapat membawa dampak positif terhadap merek yang diwakilinya.
Sedangkan kesamaan (similiarity) merupakan kesamaan gambaran
emosional endorser dalam iklan, sehingga membantu khalayak
tertarik pada endorser. - Power yaitu kemampuan selebriti dalam menarik konsumen unruk
membeli. Besarnya pengaruh yang dimiliki oleh endorser dalam
menarik konsumen, semakin masyarakat mempercayai produk yang
dibawanya.
Indikator celebrity endorser menurut Shimp (2003:459) sebagai
berikut:
a. Kejujuran dalam menyampaikan pesan
b. Pengetahuan dan keahlian celebrity endorser terhadap merek
c. Daya Tarik
d. Kualitas endorser yang dapat dikagumi
No comments:
Post a Comment