Tuesday, June 18, 2024

Indikator Celebrity Endorser

 


Menurut Shimp (2003) mengatakan lima atribut khusus Endorser
dijelaskan dengan akronim TEARS, dimana TEARS tersebut terdiri dari :

  1. Truthworthiness (dapat dipercaya)
    Mengacu pada kejujuran, integritas dan kepercayaan diri dari seorang sumber
    pesan
  2. Expertise (keahlian)
    Mengacu pada pengetahuan, pengalaman atau keahlian yang dimiliki oleh
    seorang endorser yang dihubungkan dengan merek yang didukung seorang
    endorser yang diterima sebagai seorang yang ahli pada merek yang
    didukungnya akan lebih persuasive dalam menarik audience daripada seorang
    endorser yang tidak diterima sebagai seorang yang ahli.
  3. Attractiveness (dayatarik fisik)
    Mengacu pada yang dianggap sebagai hal yang menarik untuk dilihat dalam
    kaitannya dengan konsep tertentu dengan daya tarik fisik.
  4. Respect (kualitas dihargai)
    Kualitas yang dihargai ataudigemari sebagai akibat dari kualitas pencapaian
    personal.
  5. Similarity
    Mengacu pada kesamaan antara endorser dan audience dalam hal umur , jenis
    kelamin, etnis, status social, dan sebagainya.
    Menurut Royan (2004:14), dalam penelitian Endang Sulistya (2012),
    indikator Celebrity Endorser terdiri dari 4 unsur.
  6. Visibility
    Visibility memiliki dimensi seberapa jauh popularitas selebriti.
  7. Creadibility
    Berhubungan dengan pengetahuan yang diketahui sang bintang terhadap
    produk yang di bintangi nya
  8. Attraction
    Lebih menitik beratkan pada daya tarik sang bintang
  9. Power
    Kemampuan selebriti dalam menarik konsumen.
    Dalam penelitian ini peneliti menggunakan dimensi menurut Royan
    (2004:14) dalam ending sulistya (2012) yaitu :
  10. Visibility
  11. Creadibility
  12. Attraction
  13. Power

No comments:

Post a Comment