Tuesday, June 18, 2024

Peran Celebrity Endorser

 


Berikut ini adalah beberapa peran selebriti sebagai model iklan yang bisa
digunakan perusahaan dalam sebuah iklan (Schiffman dan Kanuk dalam Mahestu
Noviandra, 2006:65-74):

  1. Testimonial, jika secara personal selebriti menggunakan produk tersebut maka
    pihak dia bisa memberikan kesaksian tentang kualitas maupun benefit dari
    produk atau merek yang diiklankan tersebut.
  2. Endorsement, ada kalanya selebriti diminta untuk membintangi iklan produk
    dimana dia secara pribadi tidak ahli dalam bidang tersebut.
  3. Actor, selebriti diminta untuk mempromosikan suatu produk atau merek
    tertentu terkait dengan peran yang sedang ia bintangi dalam suatu program
    tayangan tertentu.
  4. Spokeperson, selebriti yang mempromosikan produk, merek atau suatu
    perusahaan dalam kurun waktu tertentu masuk dalam kelompok peran
    spokeperson. Penampilan mereka akan diasosiasikan dengan merek atau
    produk yang mereka wakili.
    penggunaan selebriti sebagai bintang iklan diyakini memiliki daya tarik
    tersendiri. selain memiliki keuntungan publisitas dan kekuatan memperoleh
    perhatian dari konsumen, selebriti juga mempunyai kekuatan untuk dijadikan
    sebagai alat untuk membujuk, merayu, serta mempengaruhi konsumen sasaran ,
    yaitu dengan ketenaran yang dimilikinya . dengan memanfaatkan ketenaran
    tersebut diharapkan dapat menarik minat konsumen untuk melakukan pembelian
    terhadap produk yang diiklankannya.

No comments:

Post a Comment