Friday, June 28, 2024

Indikator Citra Merek

 


Menurut Keller dalam Syarifudin (2019:12) mengatakan bahwa citra merek
merupakan persepsi konsumen tentang suatu merek sebagai refleksi dari asosiasi merek
yang ada pada pikiran konsumen. Menurut Keller, terdapat tiga dimensi citra merek, yaitu:
1) Brand strength, merupakan seberapa sering seseorang terpikir tentang informasi suatu
brand, ataupun kualitas dalam memproses segala informasi yang diterima konsumen.
Adapun indikator dari dimensi brand strengh ini yaitu: kemudahan mengucapkan
nama, kemudahan mengingat logo, penyampaian produk dan layanan sesuai dengan
informasi pemasaran di brosur dan konsistensi implementasi penyampaian layanan.
2) Brand favorable, yaitu suatu kesukaan terhadap merek brand, kepercayaan dan
perasaan bersahabat dengan suatu brand. Indikator-indikator dari dimensi brand
favorable yaitu: fasilitas yang ada dapat berfunsi dengan baik, pelayanan yang
profesional dari karyawan, kamar yang nyaman dan akses yang mudah.
3) Brand uniqueness yaitu membuat kesan unik dan perbedaan yasng berarti di antara
brand lain serta membuat konsumen tidak mempunyai alasan untuk tidak memilih
brand tersebut. Indikator-indikator dari brand uniqueness yaitu tema yang berbeda di
setiap kamar, mengutamakan privasi setiap tamu yang menginap

No comments:

Post a Comment