Wednesday, June 26, 2024

Indikator Keputusan Pembelian

 


Terdapat tiga indikator dalam menentukan keputusan pembelian yang diambil
dari (Kotler 2018: 70), yaitu :

  1. Kemantapan pada sebuah produk
    Dalam melakukan pembelian, konsumen memilih salah satu dari beberapa
    alternatif yang ada. Pilihan tersebut didasarkan pada kualitas, mutu, harga, dan
    faktor-faktor lain yang dapat memantapkan keinginan konsumen untuk
    membeli produk apakah produk tersebut benar-benar ingin digunakan atau
    dibutuhkan.
  2. Kebiasaan dalam membeli produk
    Kebiasaan konsumen dalam membeli produk juga berpengaruh terhadap
    keputusan pembelian. Konsumen merasa produk tersebut sudah terlalu melekat
    dibenak konsumen karena mereka sudah merasakan manfaat dari produk
    tersebut. Oleh karena itu, konsumen merasa tidak nyaman jika mencoba produk
    baru dan harus menyesuaikan diri lagi dan akhirnya konsumenpun cenderung
    memilih produk yang sudah biasa digunakan atau dikonsumsi.
  3. Memberikan rekomendasi
    Dalam melakukan pembelian, jika konsumen mendapatkan manfaat yang sesuai
    dengan sebuah produk, maka mereka pasti akan merekomendasikan produk
    tersebut dengan orang lain. Mereka ingin orang lain juga merasakan bahwa
    produk tersebut sangat bagus dan lebih baik dari produk lain

No comments:

Post a Comment