Terdapat tiga indikator dalam menentukan keputusan pembelian yang diambil
dari (Kotler 2018: 70), yaitu :
- Kemantapan pada sebuah produk
Dalam melakukan pembelian, konsumen memilih salah satu dari beberapa
alternatif yang ada. Pilihan tersebut didasarkan pada kualitas, mutu, harga, dan
faktor-faktor lain yang dapat memantapkan keinginan konsumen untuk
membeli produk apakah produk tersebut benar-benar ingin digunakan atau
dibutuhkan. - Kebiasaan dalam membeli produk
Kebiasaan konsumen dalam membeli produk juga berpengaruh terhadap
keputusan pembelian. Konsumen merasa produk tersebut sudah terlalu melekat
dibenak konsumen karena mereka sudah merasakan manfaat dari produk
tersebut. Oleh karena itu, konsumen merasa tidak nyaman jika mencoba produk
baru dan harus menyesuaikan diri lagi dan akhirnya konsumenpun cenderung
memilih produk yang sudah biasa digunakan atau dikonsumsi. - Memberikan rekomendasi
Dalam melakukan pembelian, jika konsumen mendapatkan manfaat yang sesuai
dengan sebuah produk, maka mereka pasti akan merekomendasikan produk
tersebut dengan orang lain. Mereka ingin orang lain juga merasakan bahwa
produk tersebut sangat bagus dan lebih baik dari produk lain
No comments:
Post a Comment