Friday, June 28, 2024

Indikator Keputusan Pembelian

 


Dalam penelitian ini menggunakan empat indikator untuk menentukan
keputusan pembelian yang diambil dari (Kotler 2012:159), yaitu :
a. Kemantapan pada sebuah produk
Dalam melakukan pembelian, konsumen akan memilih salah satu dari
beberapa alternatif yang ada. Pilihan teersebut didasarkan pada kualitas,
mutu, harga yang terjangkau, dan faktor-faktor lain yang dapat
memantapkan keinginan konsumen untuk membeli produk apakah
produk tersebut benar-benar ingin digunakan atau dibutuhkan.
b. Kebiasaan dalam membeli produk
Kebiasaan konsumen dalam membeli produk juga berpengaruh terhadap
keputusan pembelian. Konsumen merasa produk tersebut sudah terlalu
melekat dibenak karena mereka sudah merasakan manfaat dari produk
tersebut. Oleh karena itu, konsumen akan merasa tidak nyaman jika
mencoba produk baru dan harus menyesuaikan diri lagi. Mereka
cenderung memilih produk yang sudah biasa digunakan.
c. Memberikan rekomendasi pada orang lain
Dalam melakukan pembelian, jika komsumen mendapatkan manfaat
yang sesuai dengan produk, mereka pasti akan merekomendasikan
produk tersebut kepada orang lain. Mereka ingin orang lain juga
merasakan produk tersebut sangat bagus dan lebih baik dari produktivitas
lain.
d. Melakukan Pembelian Ulang
Kepuasan konsumen dalam menggunakan sebuah produk akan
menyebabkan kosumen melakukan pembelian ulang produk atau jasa
tersebut, mereka merasa produk atau jasa tersebut sudah cocok dan sesuai
dengan apa yang mereka inginkan dan harapkan

No comments:

Post a Comment