Friday, June 28, 2024

Ekuitas Merek

 


“Ekuitas merek adalah nilai tambah yang diberikan pada produk
dan jasa” (Kotler, 2009:263). Ekuitas merek dapat tercermin dalam cara
konsumen berpikir, merasa dan bertindak dalam hubungannya dengan
merek, dan juga harga, pangsa pasar dan profitabilitas yang diberikan
merek bagi perusahaan. Ekuitas merek dapat mempengaruhi kepercayaan
diri konsumen dalam mengambil keputusan pembelian baik itu dikarenakan
ada pengalaman di masa lalu dalam menggunakan merek tersebut maupun
kedekatan dengan merek dan karakteristiknya. Ekuitas merek memiliki
beberapa fungsi dan manfaat sebagai berikut (Simamora, 2003:49).
a. Loyalitas memungkinkan terjadinya pembelian/transaksi berulang atau
jika konsumen tersebut merupakan commited buyer, tidak hanya
terhenti pada pembelian ulang, namun konsumen tersebut juga dapat
menganjurkan atau merekomendasikannya kepada orang lain.
b. Memungkinkan perusahaan menetapkan harga yang lebih tinggi
(premium), yang berarti marjin yang lebih tinggi bagi perusahaan.
c. Memberikan kredibilitas pada produk lain yang menggunakan merek
tersebut.
Memungkinkan return yang lebih tinggi.
d. Diferensiasi relatif dengan pesaing yang jelas, bernilai dan
berkesinambungan.
Memungkinkan fokus internal yang jelas.
e. Menciptakan toleransi konsumen terhadap kesalahan produk atau
perusahaan, melalui loyalitas yang tinggi terhadap merek tersebut.
f. Menjadi faktor yang menarik karyawan-karyawan berkualitas,
sekaligus mempertahankan karyawan-karyawan (yang puas).
g. Menarik konsumen untuk hanya menggunakan faktor merek dalam
pengambilan keputusan pembelian

No comments:

Post a Comment