Menurut (Gito Sudarma : 2018) mengungkapkan indikator yang dapat
digunakan untuk mengukur kualitas produk yaitu :
- Berbagai macam variasi produk
Merupakan kumpulan seluruh produk yang ditawarkan penjual kepada
konsumen dan memiliki beraneka ragam yang didasari pada ukuran, harga,
penampilan atau ciri-ciri lain sebagai unsur-unsur pembedanya. - Daya tahan produk
Yang berarti berapa lama atau umur produk yang bersangkutan bertahan
sebelum produk tersebut harus diganti. Semakin besar frekuensi pemakaian
konsumen terhadap produk maka semakin besar pula daya produk. - Kualitas produk sesuai dengan spesifikasi dari konsumen
Menjaga produk yang dihasilkan bisa memenuhi standar yang sudah ditetapkan
sehingga konsumen tidak akan kehilangan kepercayaan terhadap produk yang
dikonsumsi. Pengalaman konsumen dalam membeli produk yang baik atau
buruk akan mempengaruhi konsumen untuk melakukan pembelian kembali
atau tidak, oleh karena itu perusahaan harus mampu menciptakan produk yang
sesuai dengan kebutuhan dan selera konsumen. - Tampilan kemasan produk (estetika)
Perancangan dan perencanaan suatu benda agar memliki nilai lebih dalam
berbagai aspeknya seperti fungsi yang lebih efektif, tampilan kemasan produk
yang indah dan bagus akan menarik konsumen untuk menggunakan atau
membeli produk tersebut. - Kualitas produk terbaik dibandingkan dengan merek lain
Konsumen akan beranggapan bahwa produk dengan merek yang terkenal
dipasaran lebih bagus dan berkualitas dibandingkan dengan produk dengan
merek yang kurang populer dipasaran.
No comments:
Post a Comment