Sunday, June 23, 2024

Konsep Pemasaran

 


(Assuari, 2017) bahwa konsep pemasaran adalah suatu falsafah
manajemen dalam bidang pemasaran yang berorientasi kepada
kebutuhan dan keinginan konsumen dengan didukung oleh kegiatan
pemasaran terpadu yang diarahkan untuk memberikan kepuasan
konsumen sebagai kunci keberhasilan organisasi dalam usahanya
mencapai tujuan yang ditetapkan sebelumnya. Adapun konsep dasar
pemasaran menurut (Kotler & Armstrong, 2017), konsep dasar
pemasaran ada dua: (1) kebutuhan manusia, dimana kebutuhan
manusia adalah keadaan seperti perasaan kehilangan dalam diri
seseorang. Kebutuhan manusia itu luas dan kompleks yang meliputi
kebutuhan dasar, rasa aman, sosial, penghargaan dan aktualisasi diri.
(2) keinginan manusia (human want) adalah bentuk yang berasal dari
keutuhan manusia yang dibentuk oleh budaya dan pribadi seseorang.
(Kotler & Armstrong, 2017) menyatakan bahwa terdapat lima
konsep pemasaran yang sering dijadikan rujukan oleh perusahaan
untuk melaksanakan kegiatan pemasarannya, yaitu:

  1. Produksi
    Konsep produksi adalah konsep bisnis tertua dimana konsumen
    akan lebih menyukai produk yang tersedia secara luas denga
    harga yang terjangkau.
  2. Produk
    Konsumen akan menyukai produk yang menawarkan fitur mutu
    yang terbaik. Konsep ini menunjukkan bahwa konsumen sangat
    berpengaruh dalam penciptaan produk.
  3. Penjualan
    Para konsumen dan perusahaan bisnis jika tidak teratur
    melakukan penjualan maka, konsumen umumnya menunjukkan
    keengganan atau penolakan untuk membeli
  4. Pemasaran
    Konsep ini menegaskan bahwa kunci untuk mencapai sasaran
    organisasi adalah perusahaan harus lebih efektif dalam
    menciptakan, menyerahkan, dan mengomunikasikan nilai
    konsumen kepada sasaran pasar yang dipilih.
  5. Pemasaran Berorientasi Masyarakat
    Konsep ini masyarakat menegaskan bahwa tugas organisasi dalah
    menentukan kebutuhan, keinginan, dan kepentingan pasar sasaran
    serta memberikan kepuasaan yang diingkan secara lebih efektif
    dan efisien

No comments:

Post a Comment