Wednesday, June 26, 2024

Manajemen Pemasaran

 


Pemasaran adalah kegiatan, mengatur lembaga, dan proses untuk
menciptakan, mengkomunikasikan, menyampaikan, dan bertukar penawaran yang
nilai bagi pelanggan, klien, mitra, dan masyarakat pada umumnya. (Kotler dan
Keller, 2016: 27). Menurut American Marketing Society “Marketing management
as the art and science of choosing target markets and getting , keeping, and growing
customers through creating delivering, and communicating superior customer
value, yang artinya manajemen pemasaran sebagai seni dan ilmu dalam memilih
target pasar, mendapatkan, menjaga, menumbuhkan pelanggan, dan
mengkomunikasikan nilai pelanggan yang unggul (Kotler dan Keller, 2016: 27).
Manajemen Pemasaran adalah serangkaian proses yang dilakukan oleh
perusahaan untuk menciptakan suatu nilai bagi para pelanggan dan membangun
hubungan yang kuat dengan mereka agar tercipta suatu nilai dari para pelanggan
tersebut. Lebih lanjut lagi, manajemen pemasaran adalah penganalisaan,
pelaksanaan, dan pengawasan, program-program yang ditujukan utuk mengadakan
pertukaran dengan pasar yang dituju dengan maksud untuk mencapai tujuan
organisasi (Kotler dan Armstrong, 2015: 29).
Proses menganalisis, merencanakan, mengatur, dan mengelola program-
program yang mencakup pengkonsepan, penetapan harga, promosi dan distribusi
dari produk, jasa dan gagasan yang dirancang utnuk menciptakan dan memelihara
pertukarn yang menguntungkan dengan pasar sasaran untuk mencapai tujuan
perusahaan (Suparyanto & Rosad, 2015: 1). Dengan demikian dapat disimpulkan
bahwa manajemen pemasaran adalah serangkaian proses yang dilakukan
perusahaan dalam penganalisaan, pelaksanaan, dan pengawasan program-program
dengan maksud untuk mencapai tujuan organisasi.

No comments:

Post a Comment