Wednesday, June 26, 2024

Definisi Pemasaran

 


Pemasaran pada dasarnya tidak hanya mengenalkan dan menjual barang/
jasa. Hal demikian karena pemasaran merupakan ilmu global yang mencakup
banyak aspek dalam dunia bisnis. Selain untuk mengenalkan dan menjual produk
atau jasa, pemasaran juga memiliki fungsi dapat memenuhi dan memuaskan
kebutuhan konsumen serta mampu memberikan laba maksimal bagi perusahaan.
American Marketing Association (AMA) mendefinisikan pemasaran sebagai The
activity, set of institutions, and processes for creating, capturing, communicating,
delivering, and exchanging offerings that have value for customers, client, partners,
and society at large (Kotler dan Keller, 2016: 19) yang berarti kegiatan, mengatur
lembaga, proses untuk menciptakan, mengkomunikasikan, menyampaikan, dan
bertukar penawaran yang memiliki nilai bagi pelanggan, klien, dan masyarakat
pada umumnya.
Disamping itu, pemasaran adalah sebagai proses dimana perusahaan
menciptakan nilai bagi pelanggan dan membangun pelanggan yang kuat
relationship untuk menangkap nilai dari pelanggan sebagai imbalan (Kotler dan
Armstrong, 2015: 27). Menurut Kotler, pemasaran merupakan proses yang
dilakukan oleh sebuah perusahaan dalam menciptakan nilai bagi konsumen, dengan
menjalin relasi yang kuat dengan konsumen sehingga perusahaan mendapat
kesetiaan dari konsumen sebagai timbal balik dari kepuasannya (Ichsan, 2017: 77).
Disamping itu, dalam menindaklanjuti kesetiaan dan loyalitas pelanggan, Dian dan
Dedi Sulistyo (2017: 45) menyatakan bahwa nilai dan hubungan dengan pelanggan
dapat menciptakan loyalitas.

No comments:

Post a Comment