Tuesday, June 25, 2024

Manfaat Ekuitas Merek

 


Menurut Kotler (2014:88), “Ekuitas merek memberikan manfaat
yang besar bagi perusahaan dan juga bagi konsumen, bagi perusahaan
manfaat tersebut dapat diperoleh dengan lima cara”, yaitu :
1) Ekuitas merek dapat memperkuat program memikat para
konsumen baru, atau merangkul kembali konsumen lama.
2) Ekuitas merek dapat menguatkan loyalitas merek dan nama yang
terkenal, dapat memberikan alasan untuk membeli dan dapat
mempengaruhi loyalitas pelanggan.
3) Ekuitas merek memungkinkan margin yang lebih tinggi dengan
menjual produk pada harga optimun (premium pricing) dan
mengurangi ketergantungan pada promosi.
4) Ekuitas merek memberikan landasan pertumbuhan dengan
melakukan perluasan merek.
5) Ekuitas merek dapat memberikan dorongan bagi keseluruhan
distribusi.
Sedangkan menurut Griffin (2013:44) manfaat merek bagi
konsumen adalah :
1) Konsumen mudah mengidentifikasi produk yang dibutuhkan atau
dicari.
2) Konsumen merasa lebih praktis saat melakukan pembelian ulang
produk yang sama karena adanya penghematan waktu dan energi.
3) Memberikan jaminan bagi konsumen bahwa mereka bisa
mendapatkan kualitas yang sama sekalian pembelian dilakukan
pada waktu dan di tempat berbeda.
4) Memberikan kepastian bahwa konsumen dapat membeli alternatif
terbaik dalam kategori produk tertentu dan pilihan terbaik untuk
tujuan spesifik.
5) Mendapatkan konfirmasi mengenai citra diri konsumen atau citra
yang ditampilkan pada orang lain.
6) Kepuasan terwujud melalui familiaritas dan intimasi dengan merek
yang telah digunakan atau dikonsumsi pelanggan selama bertahun-
tahun.
7) Kepuasan terkait dengan daya tarik merek, logo, dan
komunikasinya.
8) Kepuasan berkaitan dengan perilaku bertanggung jawab merek
bersangkutan dalam hubungannya dengan masyarakat.

No comments:

Post a Comment