Setiap individu pasti memiliki cara pandang yang berbeda-beda, cara pandang
tersebut mempengaruhi konsumen dalam pengambilan keputusan. Menurut Schiffman
dan Kanuk dalam buku Ujang Sumarwan (2011:358) menjelaskan terdapat empat
model konsumen yang mempunyai cara pandang berbeda dalam pengambilan
keputusan, yaitu:
- Manusia Ekonomi
Manusia dipandang sebagai individu yang melakukan keputusan secara rasional.
Manusia ekonomi berusaha mengambil keputusan yang memberikan kepuasan
maksimum. Keputusan berdasarkan pertimbangan-pertimbangan ekonomi, seperti
harga, jumlah barang, utilitas marjinal, dan kurva indifferen. - Manusia Pasif
Model ini menggambarkan manusia sebagai individu yang mementingkan diri
sendiri dan menerima berbagai macam promosi yang ditawarkan pemasar. - Manusia Kognitif
Model manusia kognitif menggambarkan konsumen sebagai individu yang berfikir
untuk memecahkan masalah (a thinking problem solver). - Manusia Emosional
Model ini menggambarkan konsumen sebagai individu yang memiliki perasaan
mendalam dan emosi yang memperngaruhi pembelian atau pemilikan barang-barang
tertentu.
No comments:
Post a Comment