Monday, June 24, 2024

Model dan Pengambilan Keputusan

 


Setiap individu pasti memiliki cara pandang yang berbeda-beda, cara pandang
tersebut mempengaruhi konsumen dalam pengambilan keputusan. Menurut Schiffman
dan Kanuk dalam buku Ujang Sumarwan (2011:358) menjelaskan terdapat empat
model konsumen yang mempunyai cara pandang berbeda dalam pengambilan
keputusan, yaitu:

  1. Manusia Ekonomi
    Manusia dipandang sebagai individu yang melakukan keputusan secara rasional.
    Manusia ekonomi berusaha mengambil keputusan yang memberikan kepuasan
    maksimum. Keputusan berdasarkan pertimbangan-pertimbangan ekonomi, seperti
    harga, jumlah barang, utilitas marjinal, dan kurva indifferen.
  2. Manusia Pasif
    Model ini menggambarkan manusia sebagai individu yang mementingkan diri
    sendiri dan menerima berbagai macam promosi yang ditawarkan pemasar.
  3. Manusia Kognitif
    Model manusia kognitif menggambarkan konsumen sebagai individu yang berfikir
    untuk memecahkan masalah (a thinking problem solver).
  4. Manusia Emosional
    Model ini menggambarkan konsumen sebagai individu yang memiliki perasaan
    mendalam dan emosi yang memperngaruhi pembelian atau pemilikan barang-barang
    tertentu.

No comments:

Post a Comment