Konsumen dibagi menjadi beberapa tipe dalam pemecahan masalah ketika melakukan
pengambilan keputusan. Hal tersebut dijelaskan oleh Schiffman dan Kanuk dalam buku
Ujang Sumarwan (2011:360) menyebutkan tiga tipe pengambilan keputusan konsumen
:
- Pemecahan masalah yang diperluas
Ketika konsumen tidak memiliki kriteria untuk mengevaluasi sebuah kategori
produk atau merek tertentu pada kategori tersebut, atau tidak membatasi jumlah mereka
yang dipertimbangkan ke dalam jumlah yang mudah dievaluasi, maka pengambilan
keputusannya bisa disebut sebagai pemecahan masalah yang diperluas. - Pemecahan masalah terbatas
Pada tipe keputusan ini, konsumen telah memiliki kriteria dasar untuk
mengevaluasi kategori produk dan berbagai merek pada kategori tersebut. Namun,
konsumen belum memiliki preferensi tentang merek tertentu. Konsumen hanya
membutuhkan tambahan informasi untuk bisa membedakan antara berbagai merek
tersebut. - Pemecahan masalah rutin
Konsumen telah memiliki pengalaman terhadap produk yang akan dibelinya. Ia
juga telah memiliki standar untuk mengevaluasi merek. Konsumen sering kali hanya
me-review apa yang telah diketahuinya. Konsumen hanya membutuhkan informasi
yang sedikit
No comments:
Post a Comment