Monday, June 24, 2024

Tipe Pengambilan Keputusan Konsumen

 


Konsumen dibagi menjadi beberapa tipe dalam pemecahan masalah ketika melakukan
pengambilan keputusan. Hal tersebut dijelaskan oleh Schiffman dan Kanuk dalam buku
Ujang Sumarwan (2011:360) menyebutkan tiga tipe pengambilan keputusan konsumen
:

  1. Pemecahan masalah yang diperluas
    Ketika konsumen tidak memiliki kriteria untuk mengevaluasi sebuah kategori
    produk atau merek tertentu pada kategori tersebut, atau tidak membatasi jumlah mereka
    yang dipertimbangkan ke dalam jumlah yang mudah dievaluasi, maka pengambilan
    keputusannya bisa disebut sebagai pemecahan masalah yang diperluas.
  2. Pemecahan masalah terbatas
    Pada tipe keputusan ini, konsumen telah memiliki kriteria dasar untuk
    mengevaluasi kategori produk dan berbagai merek pada kategori tersebut. Namun,
    konsumen belum memiliki preferensi tentang merek tertentu. Konsumen hanya
    membutuhkan tambahan informasi untuk bisa membedakan antara berbagai merek
    tersebut.
  3. Pemecahan masalah rutin
    Konsumen telah memiliki pengalaman terhadap produk yang akan dibelinya. Ia
    juga telah memiliki standar untuk mengevaluasi merek. Konsumen sering kali hanya
    me-review apa yang telah diketahuinya. Konsumen hanya membutuhkan informasi
    yang sedikit

No comments:

Post a Comment