Wednesday, June 26, 2024

Pemasaran

 


Pasar (market) adalah kata dasar dari pemasaran yang berarti
sebuah mekanisme pertemuan antara penawaran dan permintaan. Pasar
adalah tempat dimana terdapat kekuatan-kekuatan untuk menentukan
harga antara penawaran dan permintaan yang saling bertemu. Pemasaran
secara istilah menurut Swastha et. al. (2000) adalah suatu sistem kelas dari
keseluruhan kegiatan bisnis yang bertujuan guna perencanaan, penentuan
harga, pempromosian dan pendistribusian jasa dan barang dalam proses
memuaskan pembeli. Stanton (2004) mengemukakan bahwa pemasaran
meliputi keseluruhan sistem yang berhubungan dengan kegiatan-kegiatan
usaha, tujuannya untuk perencanaan, penentuan harga, hingga
pempromoian dan penditribusian jasa atau barang untuk memuaskan
pembeli, potensial maupun aktual. Kotler (2006) menjelaskan bahwa
pemasaran ialah proses manajerial dan sosial didalamnya kelompok dan
individu guna mendapatkan keinginan dan kebutuhan mereka dengan
ciptakan, tawarkan, tukarkan produk bernilai dengan pihak yang lain.
Mengacu pada definisi-definisi tersebut di atas dapat disimpulkan
bahwa pemasaran memiliki arti yang lebih luas dari pada penjualan. Bagi
perusahaan, pemasaran merupakan usaha untuk pengidentifikasian
kebutuhan konsumen, penentuan produk, penentuan harga produk,
penentuan cara promosi dan penjualan atau penyaluran produk. Kegiatan
pemasaran adalah suatu sistem dari berbagai kegiatan yang saling
berhubungan.
Pemasaran memiliki jangkauan yang sangat luas. Jasa dan barang
sebelum sampai ke tangan konsumen harus melalui serangkaian beberapa
tahapan kegiatan. Kegiatan-kegaitan yang luas tersebut diringkas menjadi
4 (empat) bagian yang sering disebut bauran pemasaran atau 4P yaitu
produk, harga, distribusi dan promosi.
Pemasaran memiliki tujuan utama menarik pelanggan baru dan
mempertahankan pelanggan lama. Kepuasan pelanggan berdasar pada
kualitas produk, sesuai harapan konsumen. Andai kualitas produk tidak
sesuai harapan, maka konsumen tidak terpuaskan. Andai melebihi harapan,
maka konsumen akan lebih terpuaskan dan senang. Konsumen yang puas
akan mengulang pembelian, dan akan memberitahukan kepada orang lain

No comments:

Post a Comment