Merek merupakan sebuah unsur yang penting dalam membantu proses
pemasaran di dalam perusahaan, sehingga merek merupakan salah satu hal yang
penting yang menyangkut reputasi perusahaaan. Merek merupakan nama, istilah,
lambang, desain atau kombinasi dari semuanya untuk mendiferensiasikan antara
merek satu dengan merek lainya.
Adapula citra merek yang merupakan asumsi dan persepsi konsumen
mengenai suatu merek, merupakan refleksi memori konsumen akan asosiasinya
pada merek tersebut citra merek dibentuk melalui kesadaran, reputasi, afinitas dan
jangkauan suatu merek (Ferrinadewi, 2011:165). hal ini memainkan peranan
penting terhadap keputusan pembelian. Keputusan pembelian muncul dari merek
yang memiliki citra yang baik dalam benak konsumen. Hal tersebut sesuai dengan
yang dalam penelitian yang dilakukan oleh Ni Made Rahayu Wulandari (2015),
dan Bih-Shya Lin (2007), serta penelitian yang dilakukan oleh Nela Evelina dkk
(2012), yang sama-sama meneliti hubungan antara citra merek terhadap keputusan
pembelian. Ketiga penelitian tersebut menyatakan bahwa terdapat pengaruh
positif antara citra merek terhadap keputusan pembelian
No comments:
Post a Comment