Monday, June 17, 2024

Pengertian Bauran Pemasaran

 


Menurut Kotler & Amstrong (2012:62) bauran pemasaran (marketing
mix) adalah kumpulan alat pemasaran taktis yang terkendali dipadukan
perusahaan untuk menghasilkan respons yang diinginkannya di pasar
sasaran.
Bauran pemasaran menurut Tjiptono (2014) meliputi:

  1. Product (Produk)
    Pengertian produk (product) menurut Laksana (2008:67) produk
    adalah segala sesuatu baik yang bersifat fisik maupun non fisik yang
    dapat ditawarkan kepada konsumen untuk memenuhi segala keinginan
    dan kebutuhannya. Kotler & Amstrong (2012:346) adalah segala
    sesuatu yang dapat ditawarkan ke pasar untuk mendapatkan perhatian,
    dibeli, digunakan, atau dikonsumsi yang dapat memuaskan keinginan
    atau kebutuhan. Produk terdiri dari ragam produk, desain, kemasan,
    fitur, nama merek, kulitas, ukuran, layanan, jaminan, dan
    pengembalian. Produk yang disediakan oleh Klinik Kecantikan
    Natasha, Larissa dan Naava Green adalah produk jasa seperti
    perawatan wajah, perawatan tubuh, perawatan rambut dan perawatan
    kuku selain jasa produk barang yang disediakan adalah produk –
    produk kecantikan seperti produk cream wajah, produk pembersih
    wajah, sunblock, pelembap wajah, cream agni, produk lulur, produk
    handbody dan produk shampo. Penelitian ini juga mencoba
    melakukan yang lebih mendalam pada aspek produk dengan
    melakukan penelitian tentang citra merek, kualitas produk yang tentu
    saja hal tersebut tidak dapat terlepas dari produk yang disediakan oleh
    Klinik Kecantikan
  2. Price (Harga)
    Harga adalah jumlah uang yang harus dibayar pelanggan untuk
    memperoleh produk. Harga adalah kesepakatan nilai yang menjadi
    persyaratan bagi pertukaran dalam sebuah transaksi pembeli. Harga
    dapat juga diartikan dengan sesuatu yang harus dikeluarkan pembeli
    untuk menerima produk (Harjanto, 2009;260). Harga produk barang
    dan jasa yang disediakan oleh Klinik Kecantikan Larissa, Klinik
    Kecantikan Natasha dan Klinik Kecantikan Naava Green sangat
    bervariatif tergantung jenis jasa pelayanan perawatan dan jenis produk
    barangnya. Secara umum harga yang disediakan untuk harga termurah
    sekitar Rp. 50.000 dan harga tertinggi berkisar pada Rp. 1.000.000.
  3. Promotion (Promosi)
    Kotler (2013:28) mendefinisikan promosi penjualan sebagai berbagai
    kegiatan yang dilakukan antar perusahaan untuk mengkomunikasikan
    manfaat dari produknya dan untuk meyakinkan konsumen sasaran
    agar membelinya. Strategi promosi yang dilakukan oleh Klinik
    Kecantikan Larissa, Klinik Kecantikan Natasha dan Klinik Kecantikan
    NaavaGreen tergolong sama yakni melakukan promosi melalui media
    online seperti website, media iklan online, sosial media, surat kabar,
    brosur, panflet, radio, televisi dan lain lain. Aspek promosi juga
    menjadi aspek yang akan dikaji mendalam dalam penelitian ini
    dimana riset ini mencoba untuk menganalisis penggunaan celebrity
    endorser apakah memiliki peran yang signifikan dalam mempengaruhi
    keputusan pembelian konsumen.
  4. Place (Tempat)
    Definisi lokasi menurut Kotler (2013:126) adalah berbagai kegiatan
    yang dilakukan perusahaan untuk membuat produknya mudah
    diperoleh dan tersedia untuk konsumen sasaran. Dalam penentuan
    lokasi, Klinik Kecantikan Larissa, Klinik Kecantikan Natasha dan
    Klinik Kecantikan NaavaGreen selalu memilih daerah pusat kota hal
    ini dilakukan sebab klinik – klinik tersebut memilih pasar sasaran dari
    kalangan menengah keatas yang memiliki perilaku atau kepedulian
    yang tinggi terhadap perawatan tubuh dan hal tersebut lebih
    didominasi oleh masyarakat perkotaan. 

No comments:

Post a Comment