Merek merupakan identitas dari suatu barang atau jasa.
Perusahaan harus menciptakan suatu merek yang berbeda dari
pesaing, dengan tujuan agar bisa dapat diterima oleh konsumen,
sehingga konsumen dengan mudah bisa menentukan merek dari suatu
perusahaan. Merek yang sudah populer dan bisa dipercaya merupakan
sebuah asset yang sangat bernilai. Merek merupakan sumber asset
yang besar dan merupakan faktor terpenting dalam pemasaran
perusahaan. Ketrampilan yang harus dikembangkan oleh perusahaan
dalam memasarkan adalah kemampuan dalam menciptakan,
memelihara dan melindungi serta meningkatkan citra merek. Assosiasi
Pemasaran Amerika dikutip dari Kotler (2013), mendefisinikan merek
sebagai nama, istilah, tanda, simbol, atau rancangan, atau kombinasi
dari semuanya, yang bertujuan untuk mengidentifikasi barang atau
jasa penjual atau kelompok penjual dan untuk membedakan dari
barang atau jasa pesaing.
Menurut Kotler (2013), citra merek adalah persepsi konsumen
terhadap perusahaan atau produknya. Menurutnya citra tidak dapat di
tanamkan kedalam fikiran konsumen dengan waktu yang singkat,
dalam satu hari atau hanya menyebarkan dengan satu media. Citra
merek harus menyebarkan dengan media sebanyak mungkin
disampaikan berulang-ulang, dikarenakan tanpa citra yang kuat
perusahaan akan mengalami kesulitan dalam mempertahankan
konsumen dan menarik konsumen baru
No comments:
Post a Comment