Tuesday, June 25, 2024

Pengertian Brand Loyalty

 Menurut Alma (2015), brand loyalty adalah suatu ukuran

keterkaitan pelanggan kepada sebuah merek yang terdiri dari pembeli
yang puas dan konsumen yang menyukai merek. Menurut Griffin
(2013:34), “kesetiaan merek (brand loyalty) dipandang sebagai sejauh
mana seorang pelanggan menunjukan sikap positif terhadap suatu
merek, mempunyai komitmen pada merek tertentu, dan berniat untuk
terus membelinya dimasa depan”. Menurut Hurriyati (2015:25)
berpendapat bahwa “loyalitas merek menunjukan pola pembelian yang
konsisten terhadap merek tertentu sepanjang waktu dan juga sikap
menyenangkan terhadap sebuah merek. Loyalitas merek berkembang
ketika merek sesuai dengan personalitas atau ketika merek
menawarkan kepuasan dan keuntungan unik yang dicari konsumen”.
Sedangkan menurut Sangadji (2013:78) menyebutkan “loyalitas
merek adalah pilihan yang dilakukan konsumen untuk membeli merek
tertentu dibandingkan merek yang lain dalam satu kategori produk. Hal
ini terjadi karena konsumen merasa bahwa merek menawarkan fitur
produk yang tepat, gambar atau tingkat kualitas diharga yang tepat”.
Sedangkan menurut Ratminto (2011:31) “loyalitas merek (brand
loyalty) sebagai sikap menyenangi suatu merek yang diwujudkan
dalam pembelian yang konsisten terhadap merek itu sepanjang waktu”.
Menurut Kotler dan Keller (2007:37), menyebutkan faktor-faktor
yang berpengaruh terhadap brand loyalty adalah sebagai berikut: nilai
(harga dan kualitas), citra (baik dari kepribadian dan reputasi dari
merek tersebut), kenyamanan dan kemudahan untuk mendapatkan
merek, kepuasan yang dirasakan oleh konsumen, pelayanan, garansi
dan jaminan yang diberikan oleh merek

No comments:

Post a Comment