Tuesday, June 25, 2024

Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Brand Loyalty

 


Menurut Hurriyati (2015:29), faktor-faktor yang mempengaruhi
brand loyalty adalah:
1) Brand Equity
Nilai tambah yang diberikan merek pada produk; ekuitas
merek ada jika merek itu memberikan nilai tambah, tetapi jika
tidak memberikan nilai tambah apalagi mengurangi nilai
produk, berarti tidak ada ekuitas merek dari produk yang
dihasilkan.
2) Brand Awareness
Sejauh mana suatu merek dikenal atau tinggal dalam benak
konsumen.
3) Brand Personality
Seperangkat sifat dari karakteristik manusia yang disifati
pada sebuah produk seolah produk tersebut adalah manusia.
c. Ciri-Ciri Konsumen yang Loyal
Menurut Swastha (2011:56), “terdapat beberapa ciri-ciri konsumen
yang memiliki loyalitas terhadap merek antara lain konsumen memiliki
komitmen terhadap merek tersebut, mereka juga berani membayar
lebih pada merek tersebut bila dibandingkan dengan merek yang lain,
konsumen yang loyal akan merekomendasikan merek tersebut pada
orang lain, tidak melakukan pertimbangan dalam melakukan
pembelian kembali produk tersebut, selalu mengikuti informasi yang
berkaitan merek tersebut dan mereka dapat menjadi semacam juru
bicara dari merek tersebut dan mereka selalu mengembangkan
hubungan dengan merek tersebut”

No comments:

Post a Comment