Sunday, June 23, 2024

Pengertian Citra Merek

 


Citra merek atau yang disebut juga Brand Image merupakan salah
satu komponen penting dari kekuatan merek. Menurut Sari (2013) Citra
Merek adalah persepsi dan keyakinan terhadap sekumpulan asosiasi
suatu merek yang terjadi di benak konsumen. Sedangkan Kotler dan
Keller (2009) berpendapat bahwa citra merek adalah persepsi dan
keyakinan yang dipegang oleh konsumen, seperti yang dicerminkan
asosiasi yang tertanam dalam ingatan pelanggan, yang selalu diingat
pertama kali saat mendengar slogan dan tertanam dibenak konsumennya.
Saat melihat suatu merek, maka akan timbul sebuah persepsi di benak
konsumen dan tercipta suatu ekspektasi yang diharapkan dari produk
tersebut.
Dengan memiliki logo, lambang, desain yang berbeda, maka akan
membuat konsumen mampu mengingat dan mendiferensiasi satu produk
dengan yang lain dalam benak mereka. Oleh karenanya, perusahaan tidak
boleh secara asal-asalan dalam pembuatan merek karena dapat
menimbulkan citra yang tidak sesuai di mata konsumen terhadap produk
maupun perusahaannya.
Citra merek juga dikatakan sebagai penglihatan dan kepercayaan
yang terpendam di benak konsumen sebagai cerminan asosiasi yang
tertahan di ingatan konsumen (Kotler, 2008). Citra yang sudah melekat
dalam benak tidak akan mudah dilupakan oleh konsumen. Terkadang
konsumen akan sulit dalam membayangkan bagaimana merek suatu
produk tanpa melihat produknya, namun ketika mereka secara langsung
menjumpai produk tersebut, maka secara otomatis semua informasi
dalam benak yang pernah didapat mengenai produk tersebut akan muncul
saat itu juga.

No comments:

Post a Comment