Tuesday, June 18, 2024

Pengertian Keputusan Pembelian

 


Menurut Buchari Alma (2013:96) mengemukakan bahwa
keputusan pembelian adalah sebagai berikut:
“Keputusan pembelian adalah suatu keputusan konsumen yang
dipengaruhi oleh ekonomi keuangan, teknologi, politik, budaya, produk,
harga, lokasi, promosi, physical evidence, people dan, process. Sehingga
membentuk suatu sikap pada konsumen untuk mengolah segala informasi
dan mengambil kesimpulan berupa respons yang muncul produk apa yang
akan dibeli”.
Menurut Kotler & Armstrong (2016:177) mendefinisikan keputusan
pembelian sebagai berikut:
“Keputusan pembelian merupakan bagian dari perilaku konsumen perilaku
konsumen yaitu studi tentang bagaimana individu, kelompok, dan
organisasi memilih, membeli, menggunakan, dan bagaimana barang, jasa,
ide atau pengalaman untuk memuaskan kebutuhan dan keinginan mereka”.
Keputusan pembelian tidak terpisahkan dari bagaimana sifat seorang
konsumen (consumer behavior) sehingga masing-masing konsumen memiliki
kebiasaan yang berbeda dalam melakukan pembelian, Kotler & Keller (2012:188)
mengemukakan keputusan pembelian memiliki dimensi sebagai berikut:

  1. Pilihan produk
    Konsumen dapat mengambil keputusan untuk membeli sebuah produk
    atau menggunakan uangnya untuk tujuan yang lain. Dalam hal ini
    perusahaan harus memusatkan perhatiannya kepada orang-orang yang
    berminat membeli sebuah produk serta alternatif yang mereka
    pertimbangkan.
  2. Pilihan merek
    Konsumen harus mengambil keputusan tentang merek nama yang akan
    dibeli setiap merek memiliki perbedaan tersendiri. Dalam hal ini
    perusahaan harus mengetahui bagaimana konsumen memilih sebuah
    merek.
  3. Pilihan penyalur
    Konsumen harus mengambil keputusan tentang penyalur mana yang akan
    dikunjungi. Setiap konsumen berbeda-beda dalam hal menentukan
    penyalur bisa dikarenakan faktor lokasi yang dekat, harga yang murah,
    persediaan barang yang lengkap, kenyamanan dalam belanja, keluasan
    tempat dan lain-lain.
  4. Waktu pembelian
    Keputusan konsumen dalam pemilihan waktu pembelian bisa berbeda-
    beda misalnya ada yang membeli setiap hari, satu minggu sekali, dua
    minggu sekali dan lain sebagainya.
  5. Jumlah pembelian
    Konsumen dapat mengambil keputusan tentang seberapa banyak produk
    yang akan dibelanjakan pada suatu saat. Pembelian yang dilakukan
    mungkin lebih dari satu. Dalam hal ini perusahaan harus mempersiapkan
    banyaknya produk sesuai dengan keinginan yang berbeda-beda.
  6. Metode pembayaran.
    Konsumen dapat mengambil keputusan tentang metode pembayaran yang
    akan dilakukan dalam pengambilan keputusan menggunakan produk atau
    jasa. Saat ini keputusan pembelian dipengaruhi oleh tidak hanya oleh
    aspek lingkungan dan keluarga, keputusan pembelian juga dipengaruhi
    oleh teknologi yang digunakan dalam transaksi pembelian.

No comments:

Post a Comment