Wednesday, June 26, 2024

Pengertian Loyalitas Konsumen

 


Pengukuran terhadap kepuasan maupun ketidakpuasan konsumen suatu merek merupakan indikator yang
penting dari loyalitas merek. Loyalitas secara harfiah diartikan kesetiaan, yaitu kesetiaan seseorang
terhadap suatu objek. Mowen dan Minor (dalam Mardalis 2005
dimana konsumen mempunyai sikap positif terhadap suatu merek, mempunyai komitmen pada merek
Konsumen merupakan fokus utama dalam pembahasan mengenai kepuasan dan kualitas jasa. Oleh karena
itu, dalam hal ini konsumen memegang peranan cukup penting dalam mengukur kepuasan terhadap
produk maupun pelayanan yang diberikan perusahaan. Subroto dan Nasution (2001) mengatakan loyalitas
konsumen adalah persepsi konsumen terhadap satu jenis pelayanan yang didapatkannya, loyalitas
konsumen adalah kunci untuk mendapatkan keuntungan jangka panjang dan tetap memberikan
kesenangan kepada konsumen adalah merupakan kebutuhan bisnis setiap orang.
Griffin (dalam Hurriyati, 2005) menyatakan bahwa Loyality is defined as non random purchase expressed
over time by some decision making unit yang berarti bahwa loyalitas didefenisikan sebagai pembelian non
random yang diekspresikan sepanjang waktu dengan melakukan serangkaian pengambilan keputusan.

No comments:

Post a Comment