Friday, June 28, 2024

Pengertian Pemasaran (Marketing)

 


Pemasaran dalam suatu perusahaan memegang peranan yang
sangat penting, karena pemasaran merupakan salah satu kegiatan yang
dilakukan untuk mempertahankan kelangsungan hidup perusahaan,
melakukan perkembangan terhadap perusahaan dan untuk pencapaian
tujuan perusahaan dalam memperoleh laba. Masyarakat awam pada
umumnya seringkali menyamakan pemasaran dengan penjualan.
Pandangan ini terlalu sempit karena penjualan hanya satu dari beberapa
aspek yang ada pada pemasaran. Pemasaran berusaha mengidentifikasikan
kebutuhan dan keinginan konsumen pasar sasarannya serta bagaimana
memuaskan mereka melalui proses pertukaran dengan tetap
memperhatikan semua pihak dan tujuan yang terkait dengan kepentingan
perusahaan. Berikut merupakan beberapa pendapat yang dikemukakan
para ahli mengenai pemasaran sebagai berikut:
America Marketing Association (AMA) dalam Kotler dan Keller
(2016:27), berpendapat bahwa “Marketing is the activity, set institutions,
and processes for creating, communicating, delivering, and exchanging
offerings that have value for customers, clients, partners, and society at
large”. Menurut Kotler dan Amstrong (2014:27), “The process by which
companies create value for customers and build strong customer
relationship in order to capture value from customer in return”.
Sedangkan menurut Kotler dan Keller dalam buku Onny Fitriana Sitorus
dan Novelia Utami (2017:11), pemasaran adalah sebuah proses
kemasyarakatan dimana individu dan kelompok memperoleh apa yang
mereka butuhkan dan inginkan dengan menciptakan, menawarkan, dan
secara bebas mempertukarkan produk dan jasa yang bernilai dengan orang
lain

No comments:

Post a Comment