Thursday, June 20, 2024

Pengertian Periklanan

 


Periklanan merupakan bentuk komunikasi non personal yang dibayar
mengenai organisasi, produk, pelayanan, atau ide oleh sponsor tertentu.Komponen
non personal berarti bahwa iklan melibatkan media massa seperti televisi, radio,
majalah dan koran. Yang dapat menyalurkan pesan kepada khalayak luas dalam
satu waktu yang sama (belch & belch, 2004).
Iklan adalah komunikasi komersil dan non personal tentang suatu
organisasi dan produk. Produknya yang ditransmisikan ke suatu khalayak target
melalui media bersifat massa seperti televisi, radio, koran, majalah, direct mail,
reklame luar ruang kendaraan umum(Lee and Jhonson, 2004).
Iklan merupakan materi yang dirancang untuk menarik perhatian publik,
dengan tujuan mereka melakukan sesuatu yang ditawarkan melalui berbagai
media, dalam strategi pengemasan pesan.Iklan haruslah lebih dari sekedar
mengungah ingatan konsumen. Audien yang melihat iklan harus memiliki
pemahaman mengenai pesan yang disampaikan(Lee, 2005). Menurut David
Onglivy dalam Hardiman (2006). Seseorang tokoh periklanan modrn, iklan yang
berhasil tidak hanya kreatif namun juga harus menjual (P, 25).
Jadi iklan adalah suatu bentuk komunikasi non persoanal melalui media
massa yang di gunakan oleh sebuah organisasi untuk menyebarkan pesan seefisien
mungkin untuk menarik kesadaran, menanamkan informasi, mengembangkan atau
mengharapkan adanya suatu tindakan yang menguntrungkan bagi organisasi
tersebut

No comments:

Post a Comment