Thursday, June 20, 2024

Komunikasi Pemasaran

 


Komunikasi pemasaran adalah cara yang digunakan perusahaan untuk
menginformasikan, mempersuasi dan mengingatkan konsumen baik secara
langsung maupun tidak langsung mengenai merek atau produk yang mereka jual.
Komunikasi pemasaran mewakili suara merek adalah cara yang digunakan untuk
membangun dialog dan hubungan dengan konsumen. Komunikasi pemasaran
berhubungan dengan ekuitas merek yaitu membangun merek dalam ingatan dan
menciptakan citra merek yang mencakup 6 komponen yaitu periklanan, promosi
penjualan, event, public relations dan publisitas, pemasaran langsung dan
penjualan personal (Kotller dan Keller, 2006:496) Aktivitas komunikasi
pemasaran berkontribusi terhadap ekuitas merek dalam berbagai cara dengan
menciptakan kesadaran merek (brand awareness). menghubungkan asosiasi yang
benar kepada citra merek dalam ingatan konsumsi (brand image), menekan pada
perasaan atau penilaian merek yang positif (brand responses), dan memfasilitasi
hubungan yang lebih kuat antara konsumen dengan merek (brand relationship)
(Kotler dan Keller, 2006:497).

No comments:

Post a Comment