Thursday, June 20, 2024

Peran Selebriti

 


Beberapa peran selebriti sebagai model iklan yang biasa digunakan perusahaan
dalam sebuah iklan (Schiffman dan Kanuk dalam Mahestu Noviandra, 2006:65-74).
a. Testimonial, jika secara personal selebriti menggunakan produk tersebut maka
pihak dia bisa memberikan kesaksian akan kualitas produk atau merek yang
diiklankan tersebut.
b. Endorsement, adakalanya selebriti diminta untuk membintangi iklan produk
dimana dia secara pribadi tidak ahli dalam bidang tersebut.
c. Actor, selebriti diminta untuk mempromosikan suatu produk atau merek
tertentu terkait dengan peran yang sedang ia bintangi dalam suatu program
tayangan tertentu.
d. Spokeperson, selebriti yang mempromosikan produk dalam kurun waktu
tertentu masuk dalam kelompok peran spokeperson.
Penampilan mereka akan diasosiasikan dengan merek atau produk yang
mereka wakili. Penggunaan selebriti sebagai bintang iklan diyakini memiliki daya
tarik tersendiri.Selain memiliki keuntungan publisitas dan kekuatan memperoleh
perhatian dari konsumen, selebriti juga mempunyai kekuatan untuk dijadikan
sebagai alat untuk membujuk, merayu dan mempengaruhi konsumen sasaran,
yaitu dengan ketenaran yang dimilikinya.Dengan memanfaatkan ketenaran
tersebut diharapkan dapat menarik minat konsumen untuk melakukan pembelian
terhadap produk yang diiklankan.

No comments:

Post a Comment