Saturday, June 29, 2024

Perceved Quality (Persepsi Kualitas)

 


Menurut Durianto, dkk (2017:96) perceived quality dapat didefinisikan sebagai
persepsi pelanggan terhadap keseluruhan kualitas atau keunggulan suatu produk
atau jasa layanan berkaitan dengan apa yang diharapkan oleh pelanggan.
Perceived quality yang positif akan mendorong keputusan pembelian dan
menciptakan loyalitas terhadap produk tersebut (Rahmadani 2017)
Menurut Sadat (2009 dalam Kuncoro, dkk 2017) Perceved Quality
(kesan kualitas) menggambarkan respon keseluruhan pelanggan terhadap
kualitas dan keunggulan yang ditawarkan merek. Kesan kualitas tidak dapat
ditetapkan secara objektif, karena kesan kualitas merupakan persepsi dan juga
melibatkan apa yang penting bagi pelanggan.
Perceved Quality (kesan kualitas) berbeda dengan kepuasan, karena
seseorang yang menilai produk tersebut berkualitas tinggi tidak identik dengan
harapan yang rendah. Suatu sikap positif bisa ditimbulkan karena suatu produk
dengan dengan kualitas sangat rendah. Sebaliknya, seseorang mempunyai sikap
negatif terhadap produk kualitas tingi yang terlalu mahal.
Menurut Aaker (2018:126) perceved quality (sikap kualitas)
memberikan nilai dalam beberapa bentuk.

  1. Alasan Untuk Membeli
    Kesan kualitas terkait dengan keputusan pembelian, maka kesan kualitas
    perlu mengefektifkan semua elemen program pemasaran. Apabila kesan
    kualitas tinggi, kemungkinan besar periklanan dan promosi yang dilakukan
    akan efektif.
  2. Diferensiasi / Posisi
    Konsume ingin memilih aspek tertentu sebagai keunikan dan kelebihan
    produk. Aspek yang memiliki perceived quality yang tinggi akan dipilih
    konsumen.
  3. Harga Optimum
    Keuntungan kesan kualitas memberikan pilihan-pilihan dalam menetapkan
    harga optimum (price premium) kepada seorang calon pembeli. Harga
    optimum bisa meningkatka laba dan memberikan sumber daya reinvestasi
    pada merek tersebut. Berbagai sumber daya bisa digunakan dalam
    membangun merek seperti menguatkan kesadaran, atau asosiasi, atau segala
    aktifitas litbang untuk meningkatkan mutu produk.
  4. Meningkatkan Minat Saluran Distributor
    Perceved quality (kesan kualitas) juga mempunyai arti penting bagi para
    pengecer, distributor dan berbagai pos saluran lainnya, karena itu perceved
    quality membantu dalam mendapatkan distribusi. Saluran distributor
    termotivasi untuk menyalurkan merek-merek yang sangat diminati para
    pelanggan.
  5. Perluasan Merek
    Perceved quality (kesan kualitas) bisa dieksploitasi dengan cara mengenalkan
    berabagai perluasan merek, yaitu dengan menggunakan merek tertentu untuk
    masuk ke katogori produk baru. Sebuah merek yang kuat dalam hal kesan
    kualitas akan dapat memperluas produknya lebih jauh

No comments:

Post a Comment