Definisi dari promosi menurut para ahli adalah sebagai berikut: Menurut
Osman, Benjamin, dan Yeoh (2011) : “Promosi adalah salah satu teknik untuk
menarik konsumen untuk membeli lebih banyak atau mencoba produk atau jasa.”
Sedangkan menurut Buchari (2006): “Promosi adalah sebagai komunikasi yang
memberi informasi kepada calon konsumen mengenai suatu produk, yang dapat
memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen dan mendorong mereka untuk
membeli”.
Secara singkat promosi ini berkaitan dengan upaya untuk mengarahkan
seseorang untuk dapat mengenal produk perusahaan, lalu memahaminya, berubah
sikap, menyukai, yakin, kemudian akhirnya membeli dan akan selalu ingat akan
produk tersebut. Salah satu keuntungan dari promosi adalah dapat merangsang
konsumen untuk berpikir dan mengevaluasi merek dan ada kemungkinan membeli
ketika mereka tidak memiliki produk itu. Oleh karena itu, banyak pemasar dan
pengecer memanfaatkan berbagai jenis alat promosi dan strategi untuk memahami
preferensi konsumen dan meningkatkan penjualan mereka. ( Osman, Benjamin,
dan Yeoh, 2011)
No comments:
Post a Comment