Tuesday, June 18, 2024

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian

 


Faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembeli adalah berbeda-beda
untuk masing-masing pembeli disamping produk yang dibeli dan saat
pembelinya berbeda. Menurut Swasta dalam Indra Wijaya (2013,p.19)
faktor-faktor tersebut adalah :

  1. Kebudayaaan
    Adalah simbol dan fakta yang komplek, yang diciptakan oleh manusia
    diturunkan dari generasi kegenerasi sebagai penentu dari pengatur
    tingkah laku manusia dalam masyarakat yang ada.
  2. Kelas Sosial
    Faktor sosial kebudayaan yang lain yang dapat mempengaruhi
    pandangan dan tingkah laku pembeli adalah kelas sosial, pada
    pokoknya, masyarakat kita ini dapat dikelompokkan kedalam tiga
    golongan yaitu :
    a. Golongan atas
    Yang termasuk dalam golongan ini antara lain pengusaha-pengusaha
    kaya, pejabat-pejabat tinggi.
    b. Golongan menengah
    Termasuk dalam kelas ini yaitu pemerintah, pengusaha menengah.
    c. Golongan rendah
    Yang termasuk dalam kelas ini antara lain : rendah, buruh-buruh
    pabrik, pegawai rendah, tukang becak, dan pedagang kecil.
  3. Kelompok Refrensi
    Kelompok refrensi kecil ini juga mempengaruhi perilaku seseorang
    dalam membelinya, dan sering dijadikan pedoman oleh konsumen
    dalam bertingkah laku, oleh karena itu konsumen selalu mengawasi
    kelompok tersebut baik tingkah laku fisik maupun mentalnya. Yang
    termasuk kelompok refrensi kecil ini antara lain : serikat buruh, tim-tim
    atletik, perkumpulan agama, lingkungan tetangga.
  4. Keluarga
    Dalam keluarga, masing-masing anggota dapat berbuat hal yang
    berbeda untuk membeli sesuatu. Setiap anggota keluarga memiliki
    selera dan keinginan yang berbeda-beda, oleh karena itu, manajer
    pemasaran perlu mengetahui sebenernya.
    a. Siapa yang mempengaruhi keputusan untuk membeli.
    b. Siapa yang membuat keputusan untuk membeli
    c. Siapa yang melakukan pembelian
    d. Siapa yang memakai produknya.
  5. Pengalaman
    Pengalaman dapat mempengaruhi pengamatan seseorang dalam
    bertingkah laku. Pengalaman dapat diperoleh dari semua perbuatan di
    masa lalu atau dapat pula dipelajari, sebab dengan belajar seseorang
    dapat memperoleh pengalaman. Penafsiran dan peramalan proses
    belajar konsumen merupakan kunci untuk mengetahui perilaku
    pembelinya.
  6. Kepribadian
    Kepribadian dapat didefinisikan sebagai pola sifat individu yang dapat
    menentukan tanggapan untuk bertingkah laku. Sebenarnya, pengaruh
    sifat kepribadian konsumen terhadap pasangan dan perilaku pembelinya
    adalah sangat umum, dan usaha-usaha untuk menghubungkan norma
    kepribadian dengan berbagai macam tindakan pembelian konsumen
    umumnya tidak berhasil, namun para ahli tetap percaya bahwa
    kepribadiaan itu juga mempengaruhi perilaku pembeliaan seseorang.
  7. Sikap dan Kepercayaan
    Sikap dan kepercayaan merupakan faktor yang ikut mempengaruhi
    pandangan dan perilaku pembeli konsumen. Sikap itu sendiri
    mempengaruhi kepercayaan, kepercayaan juga mempengaruhi sikap.
  8. Konsep Diri
    Faktor lain yang ikut menentukan tingkah laku pembeli adalah konsep
    diri. Konsep diri merupakan cara bagi seseorang untuk melihat dirinya
    sendiri, dan pada saat yang sama ia mempunyai gambaran tentang diri
    orang lain

No comments:

Post a Comment