Faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembeli adalah berbeda-beda
untuk masing-masing pembeli disamping produk yang dibeli dan saat
pembelinya berbeda. Menurut Swasta dalam Indra Wijaya (2013,p.19)
faktor-faktor tersebut adalah :
- Kebudayaaan
Adalah simbol dan fakta yang komplek, yang diciptakan oleh manusia
diturunkan dari generasi kegenerasi sebagai penentu dari pengatur
tingkah laku manusia dalam masyarakat yang ada. - Kelas Sosial
Faktor sosial kebudayaan yang lain yang dapat mempengaruhi
pandangan dan tingkah laku pembeli adalah kelas sosial, pada
pokoknya, masyarakat kita ini dapat dikelompokkan kedalam tiga
golongan yaitu :
a. Golongan atas
Yang termasuk dalam golongan ini antara lain pengusaha-pengusaha
kaya, pejabat-pejabat tinggi.
b. Golongan menengah
Termasuk dalam kelas ini yaitu pemerintah, pengusaha menengah.
c. Golongan rendah
Yang termasuk dalam kelas ini antara lain : rendah, buruh-buruh
pabrik, pegawai rendah, tukang becak, dan pedagang kecil. - Kelompok Refrensi
Kelompok refrensi kecil ini juga mempengaruhi perilaku seseorang
dalam membelinya, dan sering dijadikan pedoman oleh konsumen
dalam bertingkah laku, oleh karena itu konsumen selalu mengawasi
kelompok tersebut baik tingkah laku fisik maupun mentalnya. Yang
termasuk kelompok refrensi kecil ini antara lain : serikat buruh, tim-tim
atletik, perkumpulan agama, lingkungan tetangga. - Keluarga
Dalam keluarga, masing-masing anggota dapat berbuat hal yang
berbeda untuk membeli sesuatu. Setiap anggota keluarga memiliki
selera dan keinginan yang berbeda-beda, oleh karena itu, manajer
pemasaran perlu mengetahui sebenernya.
a. Siapa yang mempengaruhi keputusan untuk membeli.
b. Siapa yang membuat keputusan untuk membeli
c. Siapa yang melakukan pembelian
d. Siapa yang memakai produknya. - Pengalaman
Pengalaman dapat mempengaruhi pengamatan seseorang dalam
bertingkah laku. Pengalaman dapat diperoleh dari semua perbuatan di
masa lalu atau dapat pula dipelajari, sebab dengan belajar seseorang
dapat memperoleh pengalaman. Penafsiran dan peramalan proses
belajar konsumen merupakan kunci untuk mengetahui perilaku
pembelinya. - Kepribadian
Kepribadian dapat didefinisikan sebagai pola sifat individu yang dapat
menentukan tanggapan untuk bertingkah laku. Sebenarnya, pengaruh
sifat kepribadian konsumen terhadap pasangan dan perilaku pembelinya
adalah sangat umum, dan usaha-usaha untuk menghubungkan norma
kepribadian dengan berbagai macam tindakan pembelian konsumen
umumnya tidak berhasil, namun para ahli tetap percaya bahwa
kepribadiaan itu juga mempengaruhi perilaku pembeliaan seseorang. - Sikap dan Kepercayaan
Sikap dan kepercayaan merupakan faktor yang ikut mempengaruhi
pandangan dan perilaku pembeli konsumen. Sikap itu sendiri
mempengaruhi kepercayaan, kepercayaan juga mempengaruhi sikap. - Konsep Diri
Faktor lain yang ikut menentukan tingkah laku pembeli adalah konsep
diri. Konsep diri merupakan cara bagi seseorang untuk melihat dirinya
sendiri, dan pada saat yang sama ia mempunyai gambaran tentang diri
orang lain
No comments:
Post a Comment