Thursday, June 20, 2024

Proses Keputusan Pembelian

 


Menurut Schiffman (2007), proses keputusan pembelian adalah suatu
tahapan keputusan seseorang dimana dia memilih salah satu dari beberapa
alternatif pilihan yang ada. Menurut Peter (2007), Proses keputusan pembelian
adalah tahap pengintegrasian yang mengkombinasikan pengetahuan untuk
mengevaluasi dua atau lebih perilaku alternatif dan memilih salah satu
diantaranya. Menurut Kotler (2009), proses keputusan pembelian merupakan
suatu kegiatan individu yang secara langsung terlibat dalam mendapatkan dan
mempergunakan barang yang ditawarkan.
Menurut Cutcheon (2009), proses keputusan pembelian adalah proses
merumuskan berbagai alternatif tindakan guna menjatuhkan pilihan pada salah
satu alternatif tertentu untuk melakukan pembelian. Pemasar perlu mengetahui
siapa yang terlibat dalam keputusan membeli dan peran apa yang dimainkan oleh
setiap orang untuk banyak produk, cukup mudah untuk mengenali siapa yang
mengambil keputusan.
c. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian
Menurut Alma (2010), faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan
pembelian adalah:
1) Celebrity Endorser
Penggunaan narasumber (source) sebagai figur yang menarik atau
populer dalam iklan, sehingga dapat memperkuat citra dari suatu
merek dalam pikiran pelanggan.
2) Sosial Media
Penerbitan online dan alat-alat komunikasi, situs, dan tujuan dari Web
yang berakar pada percakapan, keterlibatan, dan partisipasi.

No comments:

Post a Comment