Tuesday, June 18, 2024

Struktur Keputusan Pembelian

 


Keputusan pembelian yang diambil oleh pembeli sebenarnya merupakan
kumpulan dari sejumlah keputusan yang terorganisir, setiap keputusan
pembelian mempunyai struktur sebanyak enam komponen. Komponen-
komponen tersebut antara lain :

  1. Keputusan tentang bentuk produk
    Konsumen dapat mengambil keputusan pembelian dalam suatu produk.
    Keputusan tersebut menyangkut pola ukuran, mutu, corak, dan
    sebagainya. Dalam hal ini, perusahaan harus melakukan riset pemasaran
    untuk mengetahui kesukaan konsumen tentang produk yang
    bersangkutan agar dapat memaksimalkan daya tarik produknya.
  2. Keputusan tentang merek
    Konsumen harus mengambil keputusan tentang merek mana yang akan
    dibeli. Setiap merek memiliki perbedaan-perbedaan tersendiri. Dalam hal
    ini, perusahaan harus mengetahui bagaimana konsumen harus memilih
    sebuah merek dalam melakukan pembeliannya, merek yang sudah
    dikenal memiliki nama yang akan memudahkan konsumen dalam
    mengambil keputusannya.
  3. Keputusan tentang penjualan
    Konsumen harus mengambil keputusan dimana produk tersebut akan
    dibeli. Dalam hal ini produsen, pedagang besar dan pengecer harus
    mengetahui bagaimana konsumen menyukai produk tersebut.
  4. Keputusan tentang jumlah produk.
    Konsumen dapat mengambil keputusan tentang seberapa banyak produk
    yang akan dibelinya suatu saat. Dalam hal ini, perusahaan harus
    mempersiapkan banyaknya produk sesuai dengan keinginan yang
    berbeda-beda dari para pembeli.
  5. Keputusan tentang waktu pembelian
    Konsumen dapat mengambil keputusan tentang kapan ia harus
    melakukan pembelian. Masalah ini menyangkut tersedianya uang untuk
    membeli produk. Oleh karena itu perusahaan harus dapat mengukur
    waktu produksi dan kegiatan pemasaran.

No comments:

Post a Comment