Keputusan pembelian yang diambil oleh pembeli sebenarnya merupakan
kumpulan dari sejumlah keputusan yang terorganisir, setiap keputusan
pembelian mempunyai struktur sebanyak enam komponen. Komponen-
komponen tersebut antara lain :
- Keputusan tentang bentuk produk
Konsumen dapat mengambil keputusan pembelian dalam suatu produk.
Keputusan tersebut menyangkut pola ukuran, mutu, corak, dan
sebagainya. Dalam hal ini, perusahaan harus melakukan riset pemasaran
untuk mengetahui kesukaan konsumen tentang produk yang
bersangkutan agar dapat memaksimalkan daya tarik produknya. - Keputusan tentang merek
Konsumen harus mengambil keputusan tentang merek mana yang akan
dibeli. Setiap merek memiliki perbedaan-perbedaan tersendiri. Dalam hal
ini, perusahaan harus mengetahui bagaimana konsumen harus memilih
sebuah merek dalam melakukan pembeliannya, merek yang sudah
dikenal memiliki nama yang akan memudahkan konsumen dalam
mengambil keputusannya. - Keputusan tentang penjualan
Konsumen harus mengambil keputusan dimana produk tersebut akan
dibeli. Dalam hal ini produsen, pedagang besar dan pengecer harus
mengetahui bagaimana konsumen menyukai produk tersebut. - Keputusan tentang jumlah produk.
Konsumen dapat mengambil keputusan tentang seberapa banyak produk
yang akan dibelinya suatu saat. Dalam hal ini, perusahaan harus
mempersiapkan banyaknya produk sesuai dengan keinginan yang
berbeda-beda dari para pembeli. - Keputusan tentang waktu pembelian
Konsumen dapat mengambil keputusan tentang kapan ia harus
melakukan pembelian. Masalah ini menyangkut tersedianya uang untuk
membeli produk. Oleh karena itu perusahaan harus dapat mengukur
waktu produksi dan kegiatan pemasaran.
No comments:
Post a Comment