Tuesday, June 25, 2024

Tujuan Promosi

 


Tujuan dari promosi adalah untuk memberi informasi, menarik
keinginan konsumen, dan meningkatkan suatu penjualan pada perusahaan.
Menurut Malau (2017:112) tujuan promosi adalah menginformasikan,
mempengaruhi dan membujuk, serta mengingatkan pelanggan sasaran tentang
perusahaan dan bauran pemasarannya
Sedangkan (Boone & Kurtz) menurut tujuan promosi adalah sebagai
berikut :

  1. Menyediakan Informasi
    Menyediakan informasi ini merupakan tujuan strategi
    promosi yang dilakukan oleh perusahaan hanya menyebabkan
    informasi yang memberitahukan calon pembeli tentang produk
    atau jasa yang akan dipasarkan.
  2. Mendiferensikan sebuah produk
    Tujuan dari promosi ini adalah mendiferensiasikan
    produk atau tujuan jasa perusahaan dengan produk atau jasa
    pesaing. Dengan jasa mengaplikasikan konsep yang disebut
    positioning. Pemasar berupaya meraih tempat didalam benak
    konsumen, maksudnya yaitu mengkomunikasikan perbedaan-
    perbedaaan signifikan mengenai atribut, harga, kualitas, atau
    manfaat dari produk atau jasa konsumen.
  3. Menaikan penjualan
    Menaikan penjualan adalah tujuan paling umum dari
    strategi promosi. Seperti yang telah dikemukakan sebelumnya,
    beberapa strategi berkonsentrasi pada merangsang permintaan
    primer walaupun sebagian menstabilkan penjualan.
  4. Menstabilkan Penjualan
    Stabilitasi penjualan adalah tujuan lain dari promosi,
    perusahaan biasanya mempromosikan konten penjualan selama
    periode penurunan penjualan, dan memotivasi tenaga penjualan
    dengan menawarkan hadiah-hadiah seperti liburan, televisi, dan
    beasiswa kepada mereka yang meraih target tertentu.
  5. Menonjolkan nilai produk
    Sejumlah promosi diajukan untuk menonjolkan nilai
    produk dengan menjelaskan manfaat-manfaat kepemilikan dari
    produk yang kurang dikenal pembeli

No comments:

Post a Comment