Tujuan dari promosi adalah untuk memberi informasi, menarik
keinginan konsumen, dan meningkatkan suatu penjualan pada perusahaan.
Menurut Malau (2017:112) tujuan promosi adalah menginformasikan,
mempengaruhi dan membujuk, serta mengingatkan pelanggan sasaran tentang
perusahaan dan bauran pemasarannya
Sedangkan (Boone & Kurtz) menurut tujuan promosi adalah sebagai
berikut :
- Menyediakan Informasi
Menyediakan informasi ini merupakan tujuan strategi
promosi yang dilakukan oleh perusahaan hanya menyebabkan
informasi yang memberitahukan calon pembeli tentang produk
atau jasa yang akan dipasarkan. - Mendiferensikan sebuah produk
Tujuan dari promosi ini adalah mendiferensiasikan
produk atau tujuan jasa perusahaan dengan produk atau jasa
pesaing. Dengan jasa mengaplikasikan konsep yang disebut
positioning. Pemasar berupaya meraih tempat didalam benak
konsumen, maksudnya yaitu mengkomunikasikan perbedaan-
perbedaaan signifikan mengenai atribut, harga, kualitas, atau
manfaat dari produk atau jasa konsumen. - Menaikan penjualan
Menaikan penjualan adalah tujuan paling umum dari
strategi promosi. Seperti yang telah dikemukakan sebelumnya,
beberapa strategi berkonsentrasi pada merangsang permintaan
primer walaupun sebagian menstabilkan penjualan. - Menstabilkan Penjualan
Stabilitasi penjualan adalah tujuan lain dari promosi,
perusahaan biasanya mempromosikan konten penjualan selama
periode penurunan penjualan, dan memotivasi tenaga penjualan
dengan menawarkan hadiah-hadiah seperti liburan, televisi, dan
beasiswa kepada mereka yang meraih target tertentu. - Menonjolkan nilai produk
Sejumlah promosi diajukan untuk menonjolkan nilai
produk dengan menjelaskan manfaat-manfaat kepemilikan dari
produk yang kurang dikenal pembeli
No comments:
Post a Comment