Tuesday, June 25, 2024

Jenis Promosi

 


Dalam melakukan promosi agar dapat efektif perlu adanya bauran
promosi, yaitu kombinasi yang optimal bagi berbagai jenis kegiatan atau
pemilihan jenis kegiatan promosi yang paling efektif dalam meningkatkan
penjualan. Ada empat jenis kegiatan promosi, antara lain :

  1. Periklanan (Advertising), yaitu bentuk promosi non personal
    dengan menggunakan berbagai media yang ditujukan untuk
    merangsang pembelia.
  2. Penjualan Tatap Muka (Personal Selling), yaitu bentuk promosi
    secara personal dengan presentasi lisan dalam suatu percakapan
    dengan calon pembeli yang ditujukan untuk merangsang
    pembelian.
  3. Publisitas (Publisity), yaitu suatu bentuk promosi non personal
    mengenai, pelayanan atau kesatuan usaha tertentu dengan jalan
    mengulas informasi atau berita tentangnya.
  4. Promosi Penjualan (Sales Promotion), yaitu suatu bentuk
    promosi diluar ketiga bentuk diatas yang ditujukan untuk
    merangsang pembelian. Tipe-tipe promosi penjualan antara lain
    potongan harga, kupon kontes atau undian, program
    berkelanjutan, pemberian premium, rabat dan sampel gratis.
  5. Pemasaran Langsung (Direct marketing), yaitu suatu bentuk
    penjualan perorangan secara langsung ditujukan untuk
    mempengaruhi pembelian konsumen.

No comments:

Post a Comment