Dalam melakukan promosi agar dapat efektif perlu adanya bauran
promosi, yaitu kombinasi yang optimal bagi berbagai jenis kegiatan atau
pemilihan jenis kegiatan promosi yang paling efektif dalam meningkatkan
penjualan. Ada empat jenis kegiatan promosi, antara lain :
- Periklanan (Advertising), yaitu bentuk promosi non personal
dengan menggunakan berbagai media yang ditujukan untuk
merangsang pembelia. - Penjualan Tatap Muka (Personal Selling), yaitu bentuk promosi
secara personal dengan presentasi lisan dalam suatu percakapan
dengan calon pembeli yang ditujukan untuk merangsang
pembelian. - Publisitas (Publisity), yaitu suatu bentuk promosi non personal
mengenai, pelayanan atau kesatuan usaha tertentu dengan jalan
mengulas informasi atau berita tentangnya. - Promosi Penjualan (Sales Promotion), yaitu suatu bentuk
promosi diluar ketiga bentuk diatas yang ditujukan untuk
merangsang pembelian. Tipe-tipe promosi penjualan antara lain
potongan harga, kupon kontes atau undian, program
berkelanjutan, pemberian premium, rabat dan sampel gratis. - Pemasaran Langsung (Direct marketing), yaitu suatu bentuk
penjualan perorangan secara langsung ditujukan untuk
mempengaruhi pembelian konsumen.
No comments:
Post a Comment