Monday, July 15, 2024

Defenisi Store Atmosphere

 


Menurut Levy dan Weitz (2012: 613) “Store atmosphere is the
combination of store characteristics (such as architecture, layout, signs and
displays, colors, lighting, temperature, sound, and smell), which together create an
image in the minds of customers". Store atmosphere adalah kombinasi dari
karakteristik toko (seperti arsitektur, tata letak, tanda-tanda dan tampilan, warna,
pencahayaan, suhu, suara, dan bau), yang bersama-sama membuat gambar dalam
pikiran pelanggan.
Menurut Berman dan Evans (2010) “Store Atmosphere is a physical
characteristic for a store, it is important to highlight the physical appearance, the
store atmosphere is useful for building an image and attracting customer interest”.
Store Atmosphere merupakan karakteristik fisik bagi sebuah toko, penting untuk
menonjolkan tampilan fisik, suasana toko berguna untuk membangun citra dan
menarik minat pelanggan.
Menurut Kotler dan Keller (2013:177) “Store atmosphere is another
weapon element that the store has. Each store has a physical layout that makes it
easy or bridges the buyer to go around in it. Each store has an appearance. Store
must establish a planned atmosphere that suits its target market and which can
attract consumers to buy”. Store atmosphere merupakan unsur senjata lain yang
dimiliki toko, setiap toko mempunyai tata letak fisik yang memudahkan atau
menyulitkan pembeli untuk berputar-putar didalamnya. Setiap toko mempunyai
penampilan. Toko harus membentuk suasana terencana yang sesuai dengan pasar
sasarannya dan yang dapat menarik konsumen untuk membeli.
Adapun pengertian store atmosphere menurut Nurcaya dan Rastini (2018)
berpendapat bahwa store atmosphere adalah karakteristik yang paling penting bagi
setiap bisnis ritel karena store atmosphere bertujuan untuk memenuhi persyaratan
fungsional sambil melayani pengalaman berbelanja yang menyenangkan.
Sedangkan menurut Rizka Meliyani (2017) Suasana toko adalah penataan
interior (instore) dan ruang luar (outstore) yang dapat menciptakan kenyamanan
bagi pelanggan toko, identitas sebuah toko dapat tersampaikan kepada konsumen
dengan suasananya. Sehingga store atmosphere merupakan secret communication
yang dapat menunjukkan kelas sosial produk di dalamnya.

No comments:

Post a Comment