Tuesday, July 2, 2024

Definisi Nilai Perusahaan


Nilai perusahaan adalah tujuan normative dari manajemen keuangan
(Husnan dan Pudjiastuti, 2010). Nilai perusahaan merupakan persepsi
investor terhadap tingkat keberhasilan perusahaan yang terkait erat dengan
harga sahamnya, Sujoko dan Soebiantoro, (2010).. Meningkatnya nilai
perusahaan adalah sebuah prestasi, yang sesuai dengan keinginan para
pemiliknya, karena dengan meningkatnya nilai perusahaan, maka
kesejahteraan para pemilik juga akan meningkat. Nilai perusahaan akan
terlihat dari harga sahamnya.
Nilai perusahaan merupakan nilai pasar dari suatu ekuitas perusahaan
ditambah nilai pasar hutang. Dengan demikian, penambahan dari jumlah
ekuitas perusahaan dengan hutang perusahaan dapat mencerminkan nilai
perusahaan. (Kusumajaya, 2011). Bagi pengusaha untuk masuk dan
membuat kontrak dengan pekerja dan para pemilik modal, tanah dan sumber
daya lain untuk setiap tahap produksi dan distribusi yang terpisah.
Sebaliknya pengusaha biasanya mau kedalam kontrak yang besar dan
berjangka panjang dengan tenaga kerja untuk mengerjakan berbagai tugas
dan berbagai tunjangan lain. Sebaliknya perusahaan berusaha untuk
berhemat biaya transaksi semacam itu.

Dengan menginternalisasi berbagai transaksi, perusahaan juga dapat
menghemat pajak penjualan dan peraturan pemerintah yang berlaku hanya
untuk transksi antar perusahaan.
Menurut (Syahyunan, 2015) nilai perusahaan merupakan hasil kerja
manajemen dari beberapa dimensi diantaranya adalah arus kas bersih dari
keputusan investasi, pertumbuhan dan biaya modal perusahaan. Bagi
investor, nilai perusahaan merupakan konsep penting karena nilai
perusahaan merupakan indikator bagaimana pasar menilai perusahaan secara
keseluruhan. Nilai perusahaan yang tinggi menjadi keinginan para pemilik
perusahaan, sebab dengan nilai yang tinggi menunjukkan kemakmuran
pemegang saham juga tinggi.
Nilai perusahaan yang tinggi menunjukkan kinerja perusahaan yang baik.
Nilai perusahaan dapat memberikan kemakmuran pemegang saham secara
maksimum apabila harga saham meningkat. Semakin tinggi harga saham
sebuah perusahaan maka makin tinggi kemakmuran pemegang saham.
Enterprise Value (EV) atau dikenal juga sebagai firm value (nilai
perusahaan) merupakan konsep penting bagi investor, karena merupakan
indikator bagi pasar menilai perusahaan secara keseluruhan. Nilai
perusahaan merupakan harga yang bersedia dibayar oleh calon pembeli jika
perusahaan tersebut dijual (Nurlela dan Ishaluddin, 2008 dalam
kusumadilaga, 2011).

No comments:

Post a Comment