Thursday, July 11, 2024

Definisi Ritel

 


Perdagangan ritel adalah suatu kegiatan menjual barang atau
jasa kepada seseorang untuk keperluan diri sendiri, keluarga, maupun
dalam berumah tangga (Berman, 2001). Retailer adalah usaha bisnis
yang menjual barang-barang terutama kekonsumen rumah tangga untuk
digunakan secara non bisnis (Stanton, 1991). Menurut Gilbert (2003),
ritel adalah setiap usaha yang mengarahkan upaya pemasarannya ke
arah memuaskan pelanggan berdasarkan organisasi penjualan barang
dan jasa sebagai sarana distribusi. Dalam saluran distribusi, ritel
memegang peranan penting yaitu sebagai penghubung antara konsumen
dan produsen dimana memiliki karakteristik yang berbeda. Ritel
diharapkan dapat meningkatkan efisiensi bagi pemasok serta
meningkatkan nilai barang yang dijual melalui peningkatan kualitas
pelayanan terhadap konsumen. Retailer tentunya memiliki kesempatan
dan posisi yang ideal untuk membangun pengalaman positif untuk
konsumen (Schmitt, 2003).
Menurut Berman (2003), karakteristik dalam suatu bisnis ritel
yang membedakannya dengan ensitas bisnis lain yaitu :
a. Kuantiti yang kecil, yaitu partai kecil, dalam jumlah secukupnya
untuk dikomsumsi sendiri dalam periode waktu tertentu.
b. Impulse buying, yaitu kondisi yang tercipta dari ketersediaan
barang dalam jumlah dan jenis yang sangat variatif sehingga
menimbulkan banyaknya pilihan dalam proses belanja konsumen.
c. Kondisi toko, yaitu kondisi lingkungan dan interior dalam toko

No comments:

Post a Comment