Thursday, July 11, 2024

Konsep Pemasaran

 


Konsep pemasaran dan konsep penjualan mempunyai
pengertian yang berbeda. Konsep pemasaran mempunyai prospektif
dari luar kedalam. Konsep ini memusatkan perhatian penuh pada
pelanggan agar mendapatkan penjualan jangka pendek. Sebaliknya
konsep penjualan mempunyai prospektif dari dalam keluar. Konsep ini
sendiri dimulai dengan pabrik, berfokus pada produk perusahaan yang
sudah ada dan melakukan penjualan dan promosi besar-besaran untuk
memperoleh penjualan yang mampu mendatangkan penjualan jangka
pendek.
Dengan demikian dapat dijelaskan bahwa, konsep pemasaran
merupakan proses pendistribusian barang yang dilakukan dari luar ke
dalam supaya memperoleh laba dan kepuasan pelanggan. Konsep-
konsep pemasaran yang bersaing dan telah digunakan oleh organisasi
pada kegiatan pemasaran yang mencakup konsep produksi, konsep
produk, konsep penjualan, konsep pemasaran. (Kotler dan amstrong,
2008:11)

  1. Konsep Produksi
    Konsep ini berorientasi pada proses produksi atau operasi.
    Konsep produksi menyatakan bahwa konsumen akan menyukai
    produk yang tersedia dan harganya terjangkau. Karena itu,
    manajemen harus berfokus pada peningkatan efisiensi produksi
    dan distribusi.
  2. Konsep Produk
    Konsep produk menyatakan bahwa konsumen akan
    menyukai produk yang menawarkan kualitas, kinerja, dan fitur
    inovatif yang terbaik. Berdasarkan konsep ini, strategi pemasaran
    berfokus pada perbaikan produk yang berkelanjutan.
  3. Konsep Penjualan
    Banyaknya perusahaan mengikuti konsep penjualan, yang
    menyatakan bahwa konsumen tidak akan membeli produk
    perusahaan kecuali jika produk itu dijual dalam skala penjualan
    dan usaha promosi yang besar. Konsep ini biasanya dipraktekan
    pada barang yang tidak dicari barang-barang yang tidak terpikir
    akan dibeli oleh konsumen dalam keadaan normal, seperti asuransi
    atau donor darah. Industri-industri ini harus melacak prospek dan
    menjual produk berdasarkan manfaat produk.
  4. Konsep Pemasaran
    Konsep pemasaran berorientasi pada pelanggan dengan
    anggapan bahwa konsumen akan bersedia membeli produk-produk
    yang mampu memenuhi kebutuhan dan keinginannya serta
    membeikan kepuasan. Konsep pemasaran terdiri atas empat pilar
    yakni : pasar sasaran, kebutuhan pelanggan, pemasran terpadu atau
    terintegrasi dan berkampuan menghasilkan laba

No comments:

Post a Comment