Konsep pemasaran dan konsep penjualan mempunyai
pengertian yang berbeda. Konsep pemasaran mempunyai prospektif
dari luar kedalam. Konsep ini memusatkan perhatian penuh pada
pelanggan agar mendapatkan penjualan jangka pendek. Sebaliknya
konsep penjualan mempunyai prospektif dari dalam keluar. Konsep ini
sendiri dimulai dengan pabrik, berfokus pada produk perusahaan yang
sudah ada dan melakukan penjualan dan promosi besar-besaran untuk
memperoleh penjualan yang mampu mendatangkan penjualan jangka
pendek.
Dengan demikian dapat dijelaskan bahwa, konsep pemasaran
merupakan proses pendistribusian barang yang dilakukan dari luar ke
dalam supaya memperoleh laba dan kepuasan pelanggan. Konsep-
konsep pemasaran yang bersaing dan telah digunakan oleh organisasi
pada kegiatan pemasaran yang mencakup konsep produksi, konsep
produk, konsep penjualan, konsep pemasaran. (Kotler dan amstrong,
2008:11)
- Konsep Produksi
Konsep ini berorientasi pada proses produksi atau operasi.
Konsep produksi menyatakan bahwa konsumen akan menyukai
produk yang tersedia dan harganya terjangkau. Karena itu,
manajemen harus berfokus pada peningkatan efisiensi produksi
dan distribusi. - Konsep Produk
Konsep produk menyatakan bahwa konsumen akan
menyukai produk yang menawarkan kualitas, kinerja, dan fitur
inovatif yang terbaik. Berdasarkan konsep ini, strategi pemasaran
berfokus pada perbaikan produk yang berkelanjutan. - Konsep Penjualan
Banyaknya perusahaan mengikuti konsep penjualan, yang
menyatakan bahwa konsumen tidak akan membeli produk
perusahaan kecuali jika produk itu dijual dalam skala penjualan
dan usaha promosi yang besar. Konsep ini biasanya dipraktekan
pada barang yang tidak dicari barang-barang yang tidak terpikir
akan dibeli oleh konsumen dalam keadaan normal, seperti asuransi
atau donor darah. Industri-industri ini harus melacak prospek dan
menjual produk berdasarkan manfaat produk. - Konsep Pemasaran
Konsep pemasaran berorientasi pada pelanggan dengan
anggapan bahwa konsumen akan bersedia membeli produk-produk
yang mampu memenuhi kebutuhan dan keinginannya serta
membeikan kepuasan. Konsep pemasaran terdiri atas empat pilar
yakni : pasar sasaran, kebutuhan pelanggan, pemasran terpadu atau
terintegrasi dan berkampuan menghasilkan laba
No comments:
Post a Comment