Thursday, July 11, 2024

Dimensi Impluse buying

 


Tipe–tipe pembelian impulsif yang menjadi dimensi impulse buying,
menurut Utami (dalam Miranda, 2016), yaitu :

  1. Pure Impulse (impuls murni)
    Tindakan pembelian sesuatu karena alasan menarik, biasanya ketika
    suatu pembelian terjadi karena loyalitas terhadap merek atau perilaku
    pembelian yang telah biasa dilakukan.
  2. Reminder Impulse (impuls pengingat)
    Pembeli melihat produk tersebut dan diingatkan bahwa persediaan di
    rumah perlu ditambah atau telah habis.
  3. Suggestion Impulse (impuls saran)
    Suatu produk yang ditemui konsumen untuk pertama kali akan
    menstimulasi keinginan untuk mencobanya.
  4. Planned Impulse (impuls terencana)
    Aspek perencanaan dalam perilaku ini menunjukkan respons
    konsumen terhadap beberapa insentif spesial untuk membeli unit yang
    tidak diantisipasi. Impuls ini biasanya distimulasi oleh pengumuman
    penjualan kupon, potongan kupon, atau penawaran yang menggiurkan
    lainnya

No comments:

Post a Comment