Saturday, July 13, 2024

Fakor-faktor yang Mempengaruhi Pembelian Impulsif

 


Pembelian impulsif yang seluruhnya merupakan pembelian yang dilakukan
secara spontan dan keputusan pembelian tersebut berada didalam toko karena
berbagai faktor yang menarik konsumen untuk melakukan pembelian.
Menurut Loudon dan Bitta (Miranda, 2016 : 69) mengungkapkan faktor
yang mempengaruhi pembelian impulsif yaitu:
a. Produk dengan karakteristik harga murah, kebutuhan kecil atau marjinal,
produk jangka pendek, ukuran kecil, dan toko yang mudah dijangkau,
b. Pemasaran dan marketing yang meliputi distribusi dalam jumlah banyak
outlet yang self service, iklan melalui media masa yang sangat sugestibel
dan terus menerus, iklan di titik penjualan, posisi display dan lokasi toko
yang menonjol.
c. Karakteristik konsumen seperti kepribadian, jenis kelamin, sosial
demografi atau karakteristik sosial ekonomi.
Senada dengan apa yang telah dikemukakan oleh pendapat beberapa ahli di
atas, dapat di tarik kesimpukan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi pembelian
impulsif terdiri dari aspek kognitif, aspek afektif, dan strategi pemasaran baik itu
dengan pemberian potongan harga maupun faktor lain yang dapat menarik
konsumen dalam melakukan pembelian

No comments:

Post a Comment