Saturday, July 13, 2024

Indikator Pembelian Impulsif

 


Berikut terdapat indikator mengenai pembelian impulsif yang dikemukakan
oleh beberapa ahli. Indikator tersebut dapat digunakan untuk mengukur
kecendrungan pembelian impulsif yang dimiliki oleh seseorang.
Menurut Bayley dan Nancarrow (Sari, 2014 : 58), mengelompokan
pembelian impulsif menjadi empat indikator yaitu :

  1. Pembelian Spontan
    Merupakan keadaan dimana pelanggan seringkali membeli sesuatu tanpa
    direncanakan terlebih dahulu.
  2. Pembelian Tanpa Berpikir Akibat
    Merupakan keadaan dimana pelanggan sering melakukan pembelian
    tanpa memikirkan terlebih dahulu mengenai akibat dari pembelian yang
    dilakukan.
  3. Pembelian Terburu-buru
    Merupakan keadaan dimana pelanggan seringkali merasa bahwa terlalu
    terburu-buru dalam membeli sesuatu.
  4. Pembelian Dipengaruhi Keadaan Emosional
    Penilaian pelanggan dimana pelanggan melakukan kegiatan berbelanja
    dipengaruhi oleh keadaan emosional sebelumnya

No comments:

Post a Comment