Faktor-faktor yang mempengaruhi dalam menciptakan suasana toko
menurut Endang (2012:24) yaitu :
- Jenis Karyawan dan Kepadatan
Yaitu karakteristik umum dari karyawan yang mereka miliki.
Contoh: Kerapian, tingkat wawasan dan tingkat keramahan. - Jenis Barang Dagangan dan Kepadatan
Yaitu jenis barang yang mereka tawarkan, bagaimana menawarkan
serta memajang barang tersebut menentukan suasana yang ingin diciptakan
oleh pengecer. - Jenis Perlengkapan Tetap (Fixture) dan Kepadatan
Perlengkapan tetap harus sesuai dan konsisten dengan tema awal
yang ingin diciptakan. Pemilihan furniture dan perlengkapan yang ada
disesuaikan dengan suasana yang ingin dicapai. - Bunyi Suara
Musik dapat berdampak respon positif maupun negatif dari
pelanggan. Karena musik dapat membuat konsumen tinggal lebih lama dan
membeli lebih banyak barang, atau malah lebih cepat meninggalkan toko.
Selain itu musik juga dapat mengontrol lalu – lintas di toko, menciptakan
image toko dan menarik serta mengarahkan perhatian pembelanja - Aroma
Aroma atau bau juga me miliki dampak positif dan negatif bagi
penjualan. Penelitian menyatakan bahwa orang–orang menilai barang
secara lebih responsif, menghabiskan waktu yang berlebih untuk berbelanja
dan umumnya bersuasana hati lebih baik jika ada aroma yang disukai. Para
pengecer menggunakan wangi–wangian sebagai perluasan dari strategi
pemasaran mereka. - Faktor Visual
Warna dapat menciptakan suasana hati atau memfokuskan
perhatian. Warna biru, hijau, dan violet digunakan untuk membuka tempat-
tempat tertutup dan menciptakan suasana yang elegan serta bersih. Selain
warna, pencahayaan juga memiliki pengaruh yang penting terhadap suasana
toko. Dengan pencahayaan yang memadai, maka pengunjung akan merasa
nyaman dan mau berlama–lama menghabiskan waktu di toko kita.
No comments:
Post a Comment