Monday, July 15, 2024

Faktor – Faktor Store Atmosphere

 


Faktor-faktor yang mempengaruhi dalam menciptakan suasana toko
menurut Endang (2012:24) yaitu :

  1. Jenis Karyawan dan Kepadatan
    Yaitu karakteristik umum dari karyawan yang mereka miliki.
    Contoh: Kerapian, tingkat wawasan dan tingkat keramahan.
  2. Jenis Barang Dagangan dan Kepadatan
    Yaitu jenis barang yang mereka tawarkan, bagaimana menawarkan
    serta memajang barang tersebut menentukan suasana yang ingin diciptakan
    oleh pengecer.
  3. Jenis Perlengkapan Tetap (Fixture) dan Kepadatan
    Perlengkapan tetap harus sesuai dan konsisten dengan tema awal
    yang ingin diciptakan. Pemilihan furniture dan perlengkapan yang ada
    disesuaikan dengan suasana yang ingin dicapai.
  4. Bunyi Suara
    Musik dapat berdampak respon positif maupun negatif dari
    pelanggan. Karena musik dapat membuat konsumen tinggal lebih lama dan
    membeli lebih banyak barang, atau malah lebih cepat meninggalkan toko.
    Selain itu musik juga dapat mengontrol lalu – lintas di toko, menciptakan
    image toko dan menarik serta mengarahkan perhatian pembelanja
  5. Aroma
    Aroma atau bau juga me miliki dampak positif dan negatif bagi
    penjualan. Penelitian menyatakan bahwa orang–orang menilai barang
    secara lebih responsif, menghabiskan waktu yang berlebih untuk berbelanja
    dan umumnya bersuasana hati lebih baik jika ada aroma yang disukai. Para
    pengecer menggunakan wangi–wangian sebagai perluasan dari strategi
    pemasaran mereka.
  6. Faktor Visual
    Warna dapat menciptakan suasana hati atau memfokuskan
    perhatian. Warna biru, hijau, dan violet digunakan untuk membuka tempat-
    tempat tertutup dan menciptakan suasana yang elegan serta bersih. Selain
    warna, pencahayaan juga memiliki pengaruh yang penting terhadap suasana
    toko. Dengan pencahayaan yang memadai, maka pengunjung akan merasa
    nyaman dan mau berlama–lama menghabiskan waktu di toko kita. 

No comments:

Post a Comment