Indikator store atmosphere menurut Berman & Evans (2010:509) dapat
dibagi menjadi empat indikator, yaitu:
- Exterior (Bagian Luar Toko)
Exterior mempunyai pengaruh yang kuat pada citra toko tersebut,
sehingga harus direncanakan dengan sebaik mungkin. Kombinasi dari
exterior ini dapat membuat bagian luar toko menjadi terlihat unik, menarik,
menonjol dan mengundang orang untuk masuk ke dalam toko. - General Interior (Interior Umum)
General Interior toko menjadi salah satu kunci keberhasilan dari
keseluruhan strategi store atmosphere. Oleh karena itu, interior toko harus
dirancang. Hal ini dimaksudkan agar ketika konsumen sudah berada di
dalam toko dapat terdorong keinginan membelinya dengan memengaruhi
emosinya dengan suasana dan display yang baik. - Store Layout (Tata Letak Toko)
Merupakan rencana untuk menentukan lokasi tertentu dan
pengaturan dari peralatan, barang dagangan, gang-gang dalam toko serta
fasilitas toko. - Interior (Point of Purchase) Displays
Sangat menentukan bagi suasana toko karena memberikan informasi
kepada konsumen. Tujuan utamanya adalah untuk meningkatkan penjualan
dan laba bagi toko. Yang termasuk interior display ialah: poster, tanda
petunjuk lokasi, display barang-barang pada hari-hari khusus seperti lebaran
dan tahun baru.
No comments:
Post a Comment