Monday, July 15, 2024

Indikator Store Atmosphere

 


Indikator store atmosphere menurut Berman & Evans (2010:509) dapat
dibagi menjadi empat indikator, yaitu:

  1. Exterior (Bagian Luar Toko)
    Exterior mempunyai pengaruh yang kuat pada citra toko tersebut,
    sehingga harus direncanakan dengan sebaik mungkin. Kombinasi dari
    exterior ini dapat membuat bagian luar toko menjadi terlihat unik, menarik,
    menonjol dan mengundang orang untuk masuk ke dalam toko.
  2. General Interior (Interior Umum)
    General Interior toko menjadi salah satu kunci keberhasilan dari
    keseluruhan strategi store atmosphere. Oleh karena itu, interior toko harus
    dirancang. Hal ini dimaksudkan agar ketika konsumen sudah berada di
    dalam toko dapat terdorong keinginan membelinya dengan memengaruhi
    emosinya dengan suasana dan display yang baik.
  3. Store Layout (Tata Letak Toko)
    Merupakan rencana untuk menentukan lokasi tertentu dan
    pengaturan dari peralatan, barang dagangan, gang-gang dalam toko serta
    fasilitas toko.
  4. Interior (Point of Purchase) Displays
    Sangat menentukan bagi suasana toko karena memberikan informasi
    kepada konsumen. Tujuan utamanya adalah untuk meningkatkan penjualan
    dan laba bagi toko. Yang termasuk interior display ialah: poster, tanda
    petunjuk lokasi, display barang-barang pada hari-hari khusus seperti lebaran
    dan tahun baru.  

No comments:

Post a Comment