Sunday, July 14, 2024

Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Impulse Buying

 


“ Konsumen dimanapun dan kapanpun akan dihadapkan dengan adanya
impulse buying dimana konsumen yang pada mulanya tidak memiliki niat
untuk membeli produk tertentu namun saat setelah melihat langsung produk
tersebut akan memiliki rasa ketertarikan untuk membeli. Dalam penelitian
Rook yang diungkapkan oleh Engel, Et. Al (2009:25) faktor yang
mengakibatkan seseorang melakukan impulse buying adalah sebagai berikut:”

  1. Spontanitas, ketertarikan terhadap suatu produk secara spontan.
  2. Kekuatan, kompulsif dan intensitas. memungkinkan adanya motivasi
    bertindak seketika.
  3. “ Kegairahan dan stimulasi, desakan mendadak untuk membeli barang
    disertai emosi yang menggairahkan”
  4. “ Ketidak perdulian akibat, desakan untuk membeli dapat menjadi
    begitu sulit untuk ditolak sehingga dapat menimbulkan efek negatif
    kedepannya.”
    Impulse buying terjadi saat konsumen mengalami dorongan secara mendadak,
    gigih dan kuat untuk membeli beberapa hal segera. Dorongan tersebut kadang
    juga sangat sulit untuk dihentikan. (Rook 1987). Impulse buying sendiri
    memiliki beberapa karakeristik yaitu:
    a. Adanya ketertarikan dari produk yang dijual secara berlebihan
    b. Adanya perasaan ingin memiliki produk yang dijual segera
    c. Mengabaikan konsekuensi dari pembelian suatu produk
    d. Munculnya perasaan puas saat setelah melakukan Impulse Buying
    e. Munculnya konflik yang terjadi antara pengendalian dega kegemaran
    pada diri orang tersebut

No comments:

Post a Comment