Ada beberapa faktor yang mempengaruhi kinerja karyawan, antara
lain yang dikemukakan oleh Kasmir (2016: 189)
- Kemampuan dan Keadilan
Merupakan kemampuan atau skill yang dimiliki seseorang dalam
melakukan suatu pekerjaan. semakin memiliki kemampuan dan
keahlian maka akan dapat menyelesaikan pekerjaannya secara benar,
sesuai dengan yang telah ditetapkan. Artinya, karyawan yang memiliki
kemampuan dan keahlian yang lebih baik, maka akan memberikan
kinerja yang baik pula, demikian pula sebaliknya bagi karyawan yang
tidak memiliki kemampuan untuk menyelesaikan pekerjaannya secara
benaar, maka akan memberikan hasil yang kurang baik pula, yang pada
akhirnya akan menunjukkan kinerja yang kurang baik, dengan demikian
kemampuan dan keahlian akan mempengaruhi kinerja seseorang. - Pengetahuan
Maksudnya adalah pengetahuan tentang pekerjaan. Seseorang pekerjaan
secara yang memiliki pengetahuan tentang pekerjaan secara baik akan
memberikan hasil pekerjaan yang baik pula, demikian sebaliknya. - Rancangan kerja
Merupakan rancangan pekerjaan yang akan memudahkan karyaawan
dalam mencapai tujuannya. Artinya jika suatu pekerjaan memiliki
rancangan yang baik, maka akan memudahkan untuk menjalankan
pekerjaan tersebut secara tepat dan benar. - Kepribadian
Yaitu kepribadian seseorang atau karakter yang dimiliki seseorang.
Setiap orang memiliki kepribadian atau karakter yang berbeda satu sama
lainnya. Seseorang yang memiliki kepribadian atau karakter yang baik,
akan dapat melakukan pekerjaan secara sungguh-sungguh penuh
tanggung jawab sehingga hasil pekerjaannya juga baik. - Motivasi Kerja
Motivasi kerja merupakan dorongan bagi seseorang untuk melakukan
pekerjaannya. Jika karyawan memiliki dorongan yang kuat dari dalam
dirinya atau dorongan dari luar dirinya (misalnya dari pihak peusahaan)
maka karyawan akan terangsang atau terdorong untuk melakukan
pekerjaanya dengan baik. - Kepemimpinan
Kepemimpinan merupakan perilaku seseorang pemimpin dalam
mengatur, mengelola, dan memerintah bawahannya untuk mengerjakan
sesuatu tugas dan tanggungjawab yang sudah diberikan. - Gaya Kepemimpinan
Merupakan gaya atau sikap seseorang pemimpin dalam menghadapi
atau memerintahkan bawahannya. Dalam praktiknya gaya
kepemimpinan ini dapat diterapkan sesuai dengan kondisi organisasinya. - Budaya Organisasi
Merupakan kebiasaan-kebiasaan atau norma-norma yang berlaku dan
dimiliki oleh suatu organisasi atau perusahaan. Kebiasaan-kebiasaan
atau norma-norma ini mengatur hal-hal yang berlaku dan diterima
secara umum serta harus dipatuhi oleh segenap anggota atau perusahaan
atau organisasi. - Kepuasan Kerja
Merupakan perasaan senang atau gembira, atau perasaan suka seseorang
sebelum dan setelah melakukan suatu pekerjaan. Jika karyawan merasa
senang atau gembira atau suka untuk bekerja, maka hasil pekerjaannya
pun akan berhasil baik. - Lingkungan Kerja
Merupakan suasana atau kondisi disekitar lokasi tempat bekerja.
Lingkungan kerja dapat berupa ruangan, layout, sra dan prasarana, serta
hubungan kerja sesame rekan kerja. - Loyalitas
Merupakan kesetiaan karyaawan untuk tetap bekerja dan membela
perussahaan dimanaa tempatnya bekerja. Kesetiaan ini ditunjukkan
dengan terus bekerja sungguh-sungguh sekalipun perusahaannya dalam
kondisi yang kurang baik. - Komitmen
Merupakan kepatuhan karyawan untuk menjalankan kebijakan atau
peraturan perusahaan dalam bekerja. Komitmen juga diartikan
kepatuhan karyawan kepada janji-janji yang telah dibuatnya. Atau
dengan kata lain komitmen merupakan kepatuhan untuk menjalankan
kesepakatan yang telah dibuat. - Disiplin Kerja
Merupakan usaha karyawan untuk menjalankan aktivitas kerjanya
secara sungguh-sungguh. Disiplin kerja dalam hal ini dapat berupa
waktu misalnya masuk kerja selalu tepat waktu. Kemudian disiplin
dalam mengerjakan apa yang diperintahkan kepadanya sesuai dengan
perintah yang harus dikerjakan
No comments:
Post a Comment