Monday, July 8, 2024

Faktor Lingkungan Kerja

 


Seorang karyawan dapat melaksanakan kegiatan yang diberikan
perusahaan dengan baik, apabila ditunjang oleh kondisi lingkungan yang
sesuai. Maka dari itu perusahaan harus memperhatikan faktor-faktor
lingkungan kerja yang dapat mempengaruhi kinerja karyawan. Menurut
Sedarmayati, terdapat beberapa faktor yang dapat mempengaruhi
terbentuknya suatu kondisi lingkungan kerja dikaitkan dengan
kemampuan pegawai, yaitu:
a. Penerangan / cahaya ditempat kerja
Cahaya / penerangan adalah cukupnya sinar yang masuk dalam ruang
kerja karyawan perusahaan. Penerbangan ini sangat penting bagi
karyawan guna mendapat keselamatan dan kelancaran kerja. Oleh
sebab itu diperhatikan adanya penerangan (cahaya yang terang) tetapi
tidak menyilaukan. Penerangan yang ada harus sesuai dengan
kebutuhan, tidak terlalu terang tetapi juga tidak terlalu gelap, dengan
sistem penerangan yang baik diharapkan karyawan akan menjalankan
tugasnya dengan lebih teliti, sehingga kesalahan karyawan dalam
bekerja dapat diperkecil.
b. Temperature ditempat kerja
Setiap anggota tubuh manusia pasti mempunyai temperature berbeda-
beda. Tubuh manusia selalu berusaha untuk mempertahankan keadaan
normal, dengan suatu sistem tubuh yang sempurna sehingga dapat
menyesuaikan diri dengan perubahan yang terjadi diluar tubuh. Tetapi
kemampuan untuk menyesuaikan diri tersebut ada batasnya, yaitu
bahwa tubuh manusia masih dapat menyesuaikan dirinya dengan
temperature luar jika perubahan temperatur luar tubuh tidak lebih dari
20% untuk kondisi panas dan 35% untuk kondisi dingin dari keadaan
tubuh. Oleh karena itu perusahaan harus bisa memberikan kondisi
yang nyaman agar hasil yang diberikan karyawan dapat maksimal.
c. Kelembaban di tempat kerja
Kelembaban adalah banyaknya air yang terkandung dalam udara bisa
di tanyakan dalam persentase. Kelembaban ini berhubungan atau di
pengaruhi oleh temperatur kelembaban, kecepatan udara bergerak dan
radiasi panas dari udara tersebut akan mempengaruhi keadaan tubuh
manusia pada saat menerima atau melepaskan panas dari tubuhnya.
d. Sirkulasi udara di tempat kerja
Oksigen merupakan gas yang dibutuhkan oleh makhluk hidup untuk
menjaga kelangsungan hidup, yaitu untuk proses metabolisme. Udara
di sekitar di katakana kotor apabila kadar oksigen dalam udara
tersebut telah berkurang dan telah bercampur dengan gas atau bau-
bauan yang berbahaya bagi kesehatan tubuh. Sumber utama adanya
udara segar adalah adanya tanaman di sekitar tempat kerja.
e. Kebisingan di tempat kerja
Permasalahan ini cukup meresahkan karena dengan adanya bunyi
yang tidak dikehendaki oleh telinga dapat mengganggu ketenangan
bekerja, merusak pendengaran, dan menimbulkan kesalahan
komunikasi. Karena pekerjaan membutuhkan konsentrasi, maka suara
bising hendaknya dihindarkan agar pelaksanaan pekerjaan dapat
dilalukan dengan efisien sehingga kinerja meningkat.
f. Bau tidak sedap
Adanya bau tidak sedap di sekitar tempat kerja dapat dianggap sebagai
pencemaran, karena dapat mengganggu konsentrasi karyawan dalam
bekerja. Bau yang tidak sedap yang terjadi terus-menerus dapat
mempengaruhi kepekaan penciuman.
g. Dekorasi di tempat kerja
Dekorasi ada hubungannya dengan tata warna yang baik, karena itu
dekorasi tidak hanya berkaitan dengan hasil ruang kerja saja tetapi
berkaitan juga dengan cara mengatur tata letak, tata warna,
perlengkapan dan lainnya untuk bekerja. Dekorasi yang tepat dan
sesuai dapat menunjang kegiatan perusahaan, sehingga karyawan bisa
bekerja dengan baik.
h. Musik di tempat kerja
Menurut para pakar, musik yang nadanya lembut sesuai dengan
suasana, waktu dan tempat dapat membangkitkan dan merangsang
pegawai untuk bekerja. Oleh karena itu lagu – lagu perlu dipilih
dengan selektif untuk di perdengarkan di tempat kerja. Hal ini
dilakukan agar karyawan nantinya bisa bekerja lebih semangat dan
baik lagi.
i. Keamanan di tempat kerja
Keamanan kerja merupakan faktor yang sangat penting yang harus
diperhatikan oleh perusahaan. Guna menjaga tempat dan kondisi
lingkungan kerja agar tetap dalam keadaan aman maka perlu
diperhatikan adanya tenaga satuan petugas keamanan (satpam). Selain
itu juga perlu perlengkapan untuk menunjang keamanan dalam
bekerja. Sebab kondisi kerja yang aman akan membuat karyawan
tenang dalam bekerja sehingga meningkatkan produktivitas
karyawan.

No comments:

Post a Comment