Thursday, July 4, 2024

Hubungan Pengawasan dengan Efektivitas Kerja

 


Dalam rangka usaha pencapaian tujuan organisasi, setiap karyawan diberi
tugas atau pekerjaan tertentu yang harus dilaksanakan dengan sebaik-baiknya.
Dalam hal ini pimpinan harus bisa mengarahkan dan menggerakkan bawahannya
dalam melaksanakan aktivitas kerjanya, yaitu dengan melakukan pengawasan
sehingga tiap-tiap karyawan melakukan pekerjaannya dengan penuh tanggung
jawab.
Menurut Daft (2009) keterkaitan antara pengawasan dengan efektivitas
kerja bahwa bagaimana pimpinan menggunakan seluruh sumber daya untuk
mencapai tujuan organisasi melalui penerapan fungsi-fungsi manajemen seperti
perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan. Karyawan yang
memahami hakikat pengawasan akan menggunakan hasil dan kritikan sebagai
bahan masukan untuk proses perbaikan guna pencapaian tujuan organisasi.
Menurut Handayaningrat (1994), menyebutkan bahwa pengawasan
bertujuan agar hasil pelaksanaan pekerjaan diperoleh secara berdaya guna
(efisien) dan berhasil guna (efektif), sesuai dengan rencana yang telah ditentukan
sebelumnya.
Menurut Mosley, Megginson, dan Pietri (2005) mengungkapkan bahwa
pimpinan harus dapat memastikan bahwa fungsi pengawasan ini harus berjalan
dengan baik untuk memastikan semua fungsi manajemen lainnya akan berkerja
secara efektif.

No comments:

Post a Comment